Mata Kuliah
|
:
|
Etka Keguruan
|
Nama Dosen
|
:
|
Nurdi M.Pd
|
Bobot / Semester
|
:
|
2 SKS
|
Kelompok MK
|
:
|
MPB
|
Jurusan
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Program
|
:
|
SI PAI STIT Al-Fattah Siman-Lamongan
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Berkepribadian
Guru profesional, berbudi tinggi, dan meningkatkan kemampuan diri
|
|||
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah
ini memberikan pencerahan kepada mahasiswa untuk mampu memahami guru sebagai
profesi, yang tugas utamanya mendidik, mengajar dan melatih.sehingga dituntut
memiliki kepribadian yang mulia dan mempunyai komitmen, menjunjung tinggi
citra dan kode etik guru
|
|||
Urgensi Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah
ini sangat penting bagi mahasiswa, karena:
1.
Mahasiswa mampu memahami keberadaan guru sebagai profesi;
2.
Mahasiswa memiliki komitmen, menjunjung tinggi citra dan kode etik guru;
3.
Mahasiswa menjiwai profil guru yang profesional.
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Meteri
Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Referensi / Bahan/ Alat
|
1
|
Mendeskripsikan Konsep
profesionalis me guru
|
1. Menjelaskan
pengertian profesionalisme guru
2. Menjelaskan eksistensi profesi guru
|
Konsep guru profesional
1.Pengertian
rofesionalisme
Guru
2.Eksistensi
profesi guru
|
1. Mengkaji pengertian
profesionalisme guru, ciri-ciri
2. Guru
yang profesional, dan eksistensi keguruan di dalam buku ajar
3. Mendiskusikan pengertian profesionalisme guru, ciri-ciri
guru yang profesional, dan eksistensi profesi guru
4. Mempresentasikan
hasil diskusinya
5. Membuat
laporan hasil diskusi
|
testulis
unjuk kerja
tugas terstruk tur
|
2 X50’
|
MI. Soelaeman, Menjadi
Guru, Bandung:Diponegoro 1985
Suparlan, Guru sebagai
Profesi, Yogjakarta: Hikayat 2006.
Wina Sanjaya,
Strategi
Pembelajaran,
Jakarta :
Prenada Media,
2007
|
2
|
Mendiskripsi kan tugas
dan fungsi guru
profesional
|
1. Menjelaskan tugas guru
2. Menjelaskan Fungsi guru
|
Tugas dan Fungsi
Guru Profesional
1. Tugas-tugas guru
2. Fungsi-fungsi guru
|
1.
Mengkaji tugas dan fungsi guru
2.
Mendiskusikan tugas guru dan fungsi guru
3.
Mempresentasikan hasil diskusinya
4.
Membuat laporan hasil diskusi
|
1. Testulis
2. unjukkerja
3. tugas terstruk
tur
|
|
MI. Soelaeman, Menjadi
Guru, Bandung:Diponegoro 1985
Suparlan, Guru sebagai
Profesi,
Yogjakarta, Hikayat,
2006.
Wina Sanjaya, Strategi
Pembelajaran,
Jakarta : Prenada
Media, 2007
|
3
|
Memahami
karakteristik
guru yang
profesional
|
1. Menyebutkan karakteristik guru profesional
2. Menjelaskan karakteristik guru profesional
|
Karakteristik Guru
yang Profesional
1. Pengertian karakteristik guru profesional
2. Karakteristik guru profesional
|
1. Mengkaji
materi karak'teristik guru professional
2. Mendiskusikan
karakteristik guru profesional
3. Mempresentasikan
4. Menyimak
review dari
dosen
|
1. Tes tulis
2. Unjuk kerja
3. tugas
erstruk tur
|
50x2
|
Oemar Hamalik,
Pendidikan guru
berdasrkan
pendekaan
kompetensi,
Jakarta, 2008, dll
|
4
|
memahami
citra guru
profesional
|
1 . Menjelaskan Pengertian citra guru
profesional
2. Mengidentifi kasi faktor- faktor yang mempengaruhi
citra guru
3. memberikan contoh citra guru profesional
|
1. Pengertian citra guru profesional
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi citra
guru profesional
3. Contoh citra guru profesonal
|
1. Mengkaji konsep citra guru.
2. Mendiskusikan Faktor-faktor yang
mempengaruhi citra guru
3. Mendiskripsika n contoh profile guru
yang profesional
4. Menyimak review dosen
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruktur
|
4x50'
|
Buku Peningkatan
Profesionalisme Guru SD, Bumi Aksara, 2006
-Buku Profesi
Keguruan, Renika Cipta, 2004
|
5
|
Mendiskripsikan
Kompetensin guru yang
profesional
|
1. Mengidentifikasi kompetensi guru yang profesional
2. Menjelaskan kompetensi guru yang profesional
|
Kompetensi Guru
yang Profesioal
1. Pengertian kompetensi guru profesional
2. Macam-macam kompetensi guru
profesioal
|
1. Mendiskusikan kompetensi guru yang profesional
2. Mendiskusikan penjelasan tentang kompetensi
guru profesional
3. Mempresentasikan
|
1. Tes tulis
2. unjuk erja
3. tugas terstruktur
|
50x2
|
Oemar Hamalik, Pendidikan
guru berdasrkan pendekaan
kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara,
2008,
dll
|
6
|
Memahami
Komitmen
Guru yang
profesional
|
1. Menjelaskan Pengertian Komitmen guru
profesonal
2. Mengidentifikasi Komitmen gurun profesional
|
Komitmen Guru
1. Pengertian Komitmen Guru
2. Ciri-ciri komitmen Guru yang profesional
|
1. Mengkaji pengertian tentang Komitmen guru profesional
2. Mendiskusikan ciri-ciri komitmen guru profesional
3. Mempresentasikan hasil diskusi
4. Menyimak
review dari dosen
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk tur
|
|
Tim Dosen FTP IKIP
Malang, Profesi Keguruan
Sjaiful Bahri Djamarah,
Guru dan anak didik dalam
Interaksi edukatif,
Renika Cipta,
Jakarta, 2000
|
7
|
Memahami
Kode Etik
Guru
|
1. Menjelaskan konsep kodeetik guru
2. Menjelaskan fungsi kode etik guiru
3. Membanding kan berbagai rumusan Kode
etik guru
|
Konsep Kode etik
guru
1. Pengertian konsep kode etik Guru
2. Fungsi Kode etik guru
3. Macam-macam kode etik guru
|
1. Mengkaji pengertian kode etik dan fungsinya
2. Mendiskusikan barbagai konsep kode etik
guru dari organisasi profesi guru dan tokoh- tokoh pendidikan Islam
3. Mensintesiskan rumusan kode etik guru yang ideal
dan aplikatif
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk tur
|
|
Satori, Profesi
Keguruan, Jakarta: Univ. Terbuka,
2007
Soetjipto dan
Raflis Kosasi, Profesi
Keguruan, Jakrta:
Rineka Cipta, 2007
K.H.M. Hasyim
Asyari, Adalal-
A'lim wa al-Muta'allim, tt M. Aithiah Al-Abrasyi,
Dasar-Dasar- Pokok
Pendidikan Islam
|
8
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
supervisi
pendidikan
|
1. Menjelaskan hakikat dan prinsip supervisi
pendidikan
2. Menjelaskan teknik dan pendekatan supervise pendidikan
3. Menjelaskan peningkan kemampuan diri
melalui supervise pendidikan
|
Kemampuan diri
melalui supervisi
pendidikan
1. Hakekat dan prinsip supervise pendidikan
2. Teknik dan pendekatan
|
1. Mengkaji hakikat supervisi dan prinsip
supervise pendidikan
2. Mengkaji Teknik dan pendekatan supervise pendidikan
3. Mendiskusikan eningkatan kemampuan diri melalui supervise
pendidikan
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk tur
|
2x50'
|
|
9
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
organisasi
profesi
|
1. Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat
organisasi profesi
2. Menjelaskan dasar pembentukan organisasi profesi
3. Menjelaskan komponen dan aktivitas organisasi
profesi
|
Kemampuan diri
melalui organisasi
profesi :
1. Pengertian, tujuan, dan manfaat
2. Dasar Pembentukan organisasi profesi
3. Komponen dan aktivitas organisasi profesi
|
1 . Mengkaji pengertian, tujuan dan manfaat organisasi
profesi
2. Mengkaji dasar pembentukan organisasi
3. Mengkaji komponen dan aktivitas organisasi
profesia Mereview hasil yang telah dikaji.
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk tur
|
2x50'
|
|
10
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
sertifikasi
|
1. Menjelaskan program sertifikasi
2. Menjelaskan tujuan dan target akhir program
sertifikasi
3. Menjelaskan komponen- komponen sertifikasi(por
tofolio)
4. Menjelaskan prosedur sertivikasi
|
Kemampuan diri
melalui sertifikasi:
1. Pengertian Program sertifikasi
2. Tujuan dan target akhir program sertifikasi
3. Komponen- komponen sertifikasi(portof olio)
4. Prosedur pelaksanaan sertifikasi
|
1. Mengkaji program sertivikasi,
2. Mengkaji tujuan dan target sertivikasi
3. Mendiskusikan omponen- komponen sertifikasi (portofolio)
4. Mendiskusikan prosedur sertivikasi
5. Mereview hasil yang telah dikaji.
|
1. Testulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruktur
|
2x50'
|
E. Mulyasa, Dr,
M.Pd, Standar Kompentesi
dan
Sertifikasi Guru,
2007
Ibrahim Bafadal,
Dr, M.Pd, Peningkatan
Profesionalisme,
Guru Sekolah
Dasar, 2008
|
11
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
tugas belajar
dan inservice
training
|
1. Menjelaskan program tugas belajar dan
inservice training
2. Menjelaskan tujuan dan sifat tugas belajar
dan inservice training
3. Menjelaskan hak, kewajiban dan sangsi peserta
tugas relajar dan inservice training
|
Kemampuan diri
melalui tugas dan
inbelajar dan
inservice training:
1. Pengertian program tugas belajar dan inservice
training
2. Tujuan dan sifat tugas relajaran inservice training
3. Hak, kewa jiban dan sangsi peserta tugas relajar
dan insrevice training
|
1. Mengkaji perbedaan program tugas belajar
dan inservice training
2. Mengkaji tujuan dan sifat tugas belajar dan
inservice training
3. Menelaah hak, kewajiban, dan sangsi
peserta tugas belajar dan inservice training
4. Mereview hasil yang telah dikaji.
|
1. Testulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk tur
|
2x50'
|
E. Mulyasa, Dr,
M.Pd, Standar
Kompentesi dan
Sertifikasi Guru,
2007
Ibrahim Bafadal,
Dr, M.Pd,
Peningkatan
Profesionalisme,
Guru Sekolah
Dasar, 2008
|
Daftar Buku wajib yang harus
dimiliki :
1.
Pengembangan
Profesi Guru, Udin Syaefuddin Saud,Ikapi,2009 [Buku Wajib Dimiliki Mahasiswa]
2.
Peningkatan
Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Dr Ibrahim Bafadal M.Pd,Bumi Aksara 2006
3.
7 Tips
Aplikasi Pakem , Jamal Makmur Asmani, Diva Press, 2011
4.
Profesi Keguruan Prof Hamzah B Uno , Bumi Aksara
2011
5.
Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya 2011
6.
Etika Profesi Keguruan, Refika 2010
7.
Undang Undang 20 tahun 20113 Sisdiknas
8.
Undang undang Guru dosen 14 tahun 2005
9.
Supervisi Pendidikan , Luk Luk Mufidah , Teras ,
2009
10.
Supervisi Pendidikan, Lantip Diat Prasojo, Gava
media 2011
11.
Supervisi Pembelajaran ,Prof Syaiful Sagala ,
Alvabeta 2010
12.
Kemampuan Profesional Guru dan tenaga Kependidikan ,
Prof Syaiful sagala 2011
|
Buku sunna yang dimiliki :
13.
Guru Sebagai
Profesi,Suparlan, Hikayat, 2006
14.
Strategi
Pembelajaran ,Wina Sanjaya, Prenada Media, 2007
15.
Pendidikan Guru
Berdasarkkan Pendekatan Kompetensi,Oemar Hamalik 2008
16.
Buku Profesi
Keguruan,Renika Cipta, 2004
17.
Profesi Keguruan,
Team Dosen Ftp Ikip Malang
18.
Guru Dan Anak Didik
Dalam Interaksi Edukatif,Reneka Cipta, 2000
19.
Profesi Keguruan,
Satori, 2007
20.
Profesi Keguruan,
Raflis Kosasi, Rineka Cipta 2007
21.
Adalal A’lim Wa Al
Muta’alim , Dasar Dasar Pokok Pendidikan Islam
22.
Standar Kompetensi
Dan Sertifikasi Guru , E Mulyasa,2007
|
1 komentar:
BAGUS SEMOGA BERMAMFAT
Posting Komentar