KOMPETENSI DAN KINERJA GURU
Oleh Nurdi
I. KOMPETESI
Permen 16/2007 tetang Standar
kualisifikasi akademik dan kopetensi guru
Kompetensi guru meliputi :
- kompetensi pedagogik
- kompetensi kepribadian
- kompetensi sosial
- kompetensi profesional
A. Kompetensi Pedagogik meliputi :
- penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
- penguasaan terhadap teori teori pembelajaran dan pengembangan kurikulum terkait materi-materi yang diampuh
- penguasaan berkomunikasi dengan peserta didik secara efektif,empatik dan santun
- penguasaan melakukan penilaian dan evaluasi
- penguasaan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
B. Kompetensi Kepribadian
- mampu bertindak denga norma agama, hukum , sosial dan kebudayaan nasional
- mampu tampil sebagai pribadi yang jujur , berakhlak mulia dan teladan bagi siswa
- memiliki etos kerja yang tinggi, bertanggungjawab dan bangga menjadi guru
- menjunjung kode etik profesi guru
- keteladanan
- penampilan yang bagus luar dan dalam
C. Kompetensi Sosial
- mampu berkomunikasi atas bawah samping ( contoh SMS Undangan dengan menjawab yang santun . contoh Iya Bapak matur suwun )
- bertindak obyektif dan tidak diskriminasi
- berkomunikasi efektif , empatik, santun kepada siapapun ( sesama guru, tenaga kerja yang lain serta dengan masyarakat )
- beradaptasi ditempat tugas
- berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain baik lesan , tulisan dan bentuk lain
D. Kompetensi Profesional
1.
mampu
menyampaikan pembelajaran denagan baik
2.
mampu
menggunkaan multi media dalam proses
pembelajaran
3.
memiliki
prinsip prinsip didaktik metodik sebagai ilmu keguruan ( mampu mendiagnosis
dengan terapi yang tepat)
4.
Melakukan
evaluasi secara teoritik dan praktik ( bis mengukur hasil belajar dengan benar
sesuai tujuan yang ingi di ukur )
5.
menguasai
materi dan mampu mengembangkannya
6.
menguasai
SK KD mata pelajaran yang diampu
7.
mengembangkan
profesinya secara berkelanjutan
8.
mampu
mengembangkan TIK ( Teknologi, Informasi, Komunikasi)
B. KINERJA GURU
Berdasarkan uraian tentang kompetensi guru, tentu dapat
diidentifikasi kinerja idial seorang
guru dalam melaksanakan tugasnya. Jadi kinerja guru dapat dilihat dan diukur
berdasarkan spesifikasi kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru.
Menurut August W Smith Kinerja adalah hasil dari suatu
proses yang dilakukan manusia. Dari
pendapat tadi bahwa kinerja merupakan suatu wujud prilaku seseorang atau organisasi dengan orientasi pada prestasi. Kinerja
seseorang dapat dipengarui oleh beberapa faktor : ability, capacity, held,incentive,
environment, dan validity ( Noto Atmojo,1992)
Adapun ukuran kinerja menurut TR Mitchel,1989
dapat dilihat dari 5 hal :
1.
quality of
work / kualitas hasil kerja
2.
promptness
/ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan
3.
initiative/
prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan
4.
capability
/ kemampuan menyelesaikan pekerjaan
- comunication / kemapuan membina kerjasama dengan pihak lain
Standar kinerja perlu dirumuskan untuk dijadikan acuan
dalam mengadakan penilaian, yaitu membandingkan apa yang dicapai dengan apa
yang diharapkan. Standar kinerja juga dapat dijadikan patokan dalam mengadakan
pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dilaksanakan. Jadi standar kinerja
guru itu sangat erat berhubungan dengan kualitas guru dalam menjalankan
tugasnya, misalnya :
1.
bekerja
dengan siswa
2.
persiapan
dan perencanaan pembelajaran
3.
pendayagunaan
media pembelajaran
4.
melibatkan
siswa dalam berbnagai pengalaman belajar
5.
kepemimpinan
yang aktig dari guru
Tujuan penilaian Kinerja :
1.
memperoleh
data tentang pelaksanaan tugas pokok , fungsi dan tanggungjawab guru dalam
melaksanakan tugas
2.
memperoleh
data hasil pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sebagai guru
3.
menentukan
kualitas kinerja guru sebagai dasar sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan
yang diberikan kepadanya
4.
menentukan
program peningkatan kemampuan profesional guru dalam kontek peningkatan mutu pendidikan
madrasah
5.
menentukan
program umpan balik bagi peningkatan dan pengembangan diri dan karyanya dalam
kontek pengembangan karier dan profesinya.
TIPE-TIPE GURU MADRASAH
Type guru dapat dikatagorikan menjadi lima
macam yaitu wajib, sunat, mubah , makruh dan haram :
1. Tipe guru wajib memiliki ciri-ciri :
- keberadaannya disukai orang
- keberadannya dibutuhkan orang
- ketidak adanya membuat orang merasa sangat kehilangan
2. Type guru sunnah
·
kehadirannya
dan keberadannnya menyenangkan
·
ketidak
hadirannya tidak dirasakan suatu kehilagan
·
Berprestasi
·
Memiliki
etos kerja
·
Kenangannya
tidak mendalam
3. type guru mubah
- Ada atau tidak adanya sama saja
- Kehadirannya tidak memberi manfaat
- Kepergiannya orang tidak merasa kehilangan
- Tidak mempunyai motivasi
- Asal kerja asal ada
- Tidak memikirkan kualitas, preastasi , kemajuan , perbaikan dan hal produktif lainnya
4. tipe guru makruh
- Adanya menimbulkan masalah
- Tiadanya tidak jadi masalah
- Bila dikantor mengganggu kinerja dan susasana nyaman
- Penampilan dan kebersihan terasa mengganggu
- Kehadirannnya mengundang orang berkomentar karena selalu asal asalan
5. type guru haram
- Kehadirannya sangat merugikan
- Ketidak adanya sangat diharapkan
- Sering menfitnah
- Mengadu dombah
- Provokator
- Penuh pikiran busuk
Semoga Bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar