LATIHAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN 2014/2015
Program
Studi
|
:
|
S-3
Manajemen Pendidikan Islam
|
Nama
Mata Kuliah
|
:
|
Pengembangan
Sistem Supervisi Pendidikan Islam
|
Jumlah
SKS
Nama :
|
3
(Tiga)
Nurdi M.Pd
|
|
Dosen
Pembina
|
:
|
Prof.
Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I
Dr.
Hj. Sutiah, M.Pd.
|
Perhatian:
a.
Bacalah Sumber Secara
kritis, analitis, obyektif dan reflektif teoritis
b.
Gunakan kalimat
sederhana, singkat, padat, keilmuan dan bermakna
c.
Gunakan sikap patuh pada
kode etik keilmuan
d.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dengan uraian yang jelas, benar, dan lengkap dengan
didukung pendapat para pakar, perundangundangan, dan atau dalil-dalil al-Quran/
As-Sunnah yang relevan.
1.
Bacalah secara kritis 5 buku tentang Supervisi Pendidikan (4 buku berbahasa Asing (Inggris atau Arab) dan 1 buku berbahasa
Indonesia).
a.
Baca secara kritis,
ambilah 2-3 bab dari masing-masing
isi buku dan ikhtisarkan kemudian buatlah kesimpulan secara menyeluruh (setiap
sumber harus di sebutkan dan dlampirkan)
2.
Bacalah secara kritis 3
Jurnal. Ambillah masing-masing 1 isi jurnal yang terkait dengan Supervisi Pendidikan ( dengan ketentuan 2
jurnal penelitian dan 1 artikel, 2berbhs asing, dan 1 bhs indonesia) (setiap
sumber harus di sebutkan jelasdan dilampirkan)
a.
Buatlah ikhtisar dan
berikan komentar Anda pada setiap jurnal maksimal 1 hal.( judul yang
dikhtisarkan dari Jurnal, pengarang, sumber- abstrak- deskrepsi isi- metode
penelitian (jika ikhtisar jurnal penelitian) hasil – komentar Anda dari isi
jurnal)
b.
Atas dasar ikhtisar isi
jurnal tersebut, rumuskan apakah ada implikasi atau pemikiran Anda terhadap model Pengembangan supervisi pendidikan
bagi peningkatan mutu kinerja pengawas dalam meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran atau kinerja kepala sekolah/Madrasah dalam peningkatan mutu
menejemen lembaganya.
3.
Atas dasar berbagai
bacaan saudara, Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian
yang jelas, benar, dan lengkap dengan didukung pendapat para pakar,
perundangundangan, dan atau dalil-dalil al-Quran/ As-Sunnah yang relevan.
a.
Mata
kuliah Pengembangan Sistem Supervisi Pendidikan Islam merupakan bagian penting
dari pengembangan dan aplikasi Ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Untuk
pendalaman pemahaman ilmu ini, jelaskan definisi, dimensi, tujuan, dan fungsi
supervise pendidikan! Jelaskan keterkaitan tugas kepemimpinan pendidikan dengan
tugas seorang supervisor!
b.
Saat
ini pengembangan dan implementasi Ilmu Supervisi sangat terkait dengan
pengembangan teknologi. Jelaskan pengertian penggunaan teknologi yang efektif
dalam supervise pendidikan! Mengapa aplikasi teknologi di sekolah-sekolah
menjadi sangat penting, termasuk di dalam pelaksanaan supervise pendidikan?
Mengapa kompetensi supervise dalam mengintegrasikan teknologi menjadi sangat
penting dalam rangka membantu penyelesaian tugas guru?
c.
System
supervise sangat terkait dengan tugas kepemimpinan. Terkait dengan pernyataan
tersebut, jelaskan system kepemimpinan untuk meningkatkan/ memperbaiki prestasi
siswa dan mutu pembelajaran! Mengapa efektivitas sistem supervisi sangat
terkait dengan database dan prosedur pengambilan keputusan, serta perencanaan
administrasi sekolah?
d.
Ilmu
Supervisi Pendidikan terus mengalami pengembangan seiring dengan dinamika
pengembangan iptek secara global. Jelaskan arah baru pengembangan supervise
pendidikan di abad 21! Jelaskan faktor-faktor perubahanpendidikan abad 21 yang
sekaligus mendorong pengembangan Ilmu Supervisi Pendidikan! Mengapa arah baru
supervise pendidikan harus menyelaraskan dengan perubahan di sekolah/ madrasah?
e.
Jelaskan
konsep supervise pendidikan sebagai tindakan moral! Jelaskan prosedur tindakan
moral dalam supervise pendidikan! Rumuskan strategi peningkatan moral di
sekolah/ madrasah melalui wawasan yang berkelanjutans!
f.
Jelaskan model-model Supervisi Pendidikanyang tepat untuk
peningkatan Mutu Pembelajaran dan pengembangan Mutu lembaga pendidikan Islam,
(2) jelaskan kerangka teoritik dan prosedurnya, (3) berikan contoh
langkah-langkah model dalam penerapanya
4.
Pemerintah telah menetapkan
peraturan tentang Tugas Pengawas (PP. No 74 tahun 2008), Standar Kompetensi
Pengawas (Permendiknas No 12 tahun 2007), Jabatan Fungsional dan Angka
Kriditnya( Permenpan & RB No 21 tahun 2010), Standar Pengelolaan (PP No 34 tahun 2013
SNP), berdasarkan regulasi kebijakan tersebut di atas,lakukan analisis berikut;
a.
Jelaskan Implikasi dan dampak penerapan kebijakan tersebut terhadap
peningkatan kualifikasi dan kinerja pengawas di lembaga pendidikan!
b.
Salah satu bentuk tugas mata kuliah ini
Saudara melakukan observasi lapangan terkait kegiatan supervise di sekolah. Jelaskan
pelaksanaan supervise yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas sekolah
berdasarkan hasil observasi Saudara! Identifikasi
permasalahan pengembangan kompetensi dan kinerja pengawas pendidikan, lakukan analisis SWOT
dan berikan alternatif solusinya!
Cacatan :
2. Di kumpulkan
dalam CD dan printout diketik A-4,
satu spasi dengan foot note, sumber
di tulis dalam daftar pustaka dan untuk jurnal dilampirkan
3.
Hasil kerja yang sama
melanggar kode etik
SELAMAT BELAJAR BERPIKIR ILMUAN DAN SUKSES
0 komentar:
Posting Komentar