Welcome to Blog's Nurdilamongan.co.cc

Pages

Senin, 19 Maret 2012

tugas dan fungsi guru profesional


TUGAS DAN FUNGSI
GURU PROFESIONAL


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Profesional adalah suatu bidang pekerjaan yang memerlukan beberapa bidang  ilmu yang secara sengaja harus dipelajari dan di aplikasikan bagi kepentingan umum.Dengan kata lain sebuah profesi memerlukan kemampuan dan keahlian khusus dalam melaksanakan keahliannya.
Guru mempunyai peranan dan kedudukan kunci dalam keseluruhan proses pendidikan terutama dalam pendidikan formal,bahkan dalam keseluruhan pembangunan dalam masyarakat pada umumnya.Keberhasilan dari suatu masyarakat yang teratur tergantung kepada guru.Selanjutnya guru harus sadar bahwa dia memberikan pengabdian  yang paling tinggi kepada masyarakat,dan profesi itu harus sama tingginya dengan profesi pengabdi yang lainnya.Peranan guru akan semakin tampak,kalau dikaitkan dengan kebijaksanaan dan program pembangunan dalam pendidikan dewasa ini,yaitu berkenaan dengan mutu lulusan atau hasil pendidikan itu sendiri.Dalam keadaan seperti itu guru seyogyanya memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang tugasnya.Sehubungandengan kealifikasi dan tugas guru itu,guru mengemban tugasnya masing-masing.Tugas profesional sebagai guru harus mampu mendidik,mengajar,melatih dan mengelola kelas.Oleh sebab itu melalui latar belakang diatas penulis membuat makalah ini dengan judul "TUGAS dan FUNGSI GURU PROFESIONAL ".

1.2.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang diatas yang menjadi masalahnya, yakni sebagai berikut :
1.         Bagaimana guru profesional itu ?
2.         Apa saja tugas pokok guru profesional ?
3.         Apa sajakah fungsi dari guru profesional?
4.         Apa saja macam-macam guru ?penyakit








BAB II
PEMBAHASAN
TUGAS DAN FUNGSI GURU PROFESIONAL
2.1.Pengertian dan Fungsi Guru sebagai Tenaga Profesional
Aktifitas proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan.Proses pembelajaran berhasil dan mutu pendidikan dapat meningkat apabila guru dapat menghayati profesinya dan tentunya guru memiliki wawasan pengetahuan dan ketrampilan sehingga membuat proses pembelajaran aktif,guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif,inofatif,kreatif dan menyenangkan.Guru dalam melaksanakan tugas profesinya di hadapkan pada berbagai pilihan,seperti cara bertindak bagaimana yang paling tepat,bahan belajar apa yang paling sesuai,metode penyajian apa yang paling efektif,alat bantu apa yang paling cocok,langkah-langkah apa yang paling efisien,sumber belajar mana yang paling lengkap,sistem evaluasi apa yang paling tepat dan sebagainya.
Guru Profesional adalah guru yang berkualitas dan berkompetensi,dimana kompetensi guru itu meliputi :
a.       Kemampuan guru dalam melaksanakan program belajar mengajar.
b.      Kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran.
c.         Kemampuan guru dalam melaksanakan dan mengelola proses belajar mengajar.
d.        Kemampuan menilai kemajuan proses belajar mengajar.
Maka untuk menjadi profesional kita harus menyatukan antara konsep personaliti dan integritas yang kemudian dipadukan dengan skil / keahliannya.Sehingga guru yang profesional diharuskan memahami betul tugas pokok dan fungsi guru,selanjutnya dengan peningkatan pemahaman tersebut akan meningkatkan pula kinerja guru dalam melaksanakan profesioanalnya.
2.2.Tugas Pokok Guru Profesional
Seorang guru yang memiliki tugas yang beragam yang kemudian akan diterapkan dalam bentuk pengabdian.Tugas pokok trsebut adalah :
a.Tugas Guru dalam bidang Profesi
Yaitu suatu proses transmisi ilmu pengetahuan,ketrampilan dan nilai-nilai hidup.Menurut Undang-undang Guru dan Dosen (UU.RI.No.14 th 2005) yang terdapat dalam bab 2 "KEDUDUKAN,FUNGSI DAN TUJUAN" Pada Pasal 4 bahwa :
Seorang guru memiliki tugas sebagai berikut :
Kedudukan Guru sebagai Tenaga Profesional sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 1 berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.
·         Guru Sebagai Pendidik
Guru adalah seorang pendidik yang menjadi tokoh / panutan bagi peserta didik dan lingkungannya.Maka seorang guru itu harus :

a.       Mempunyai standar kualitas pribadi yang baik
b.      Bertanggung jawab terhadap tindakannya dalam proses pembelajaran di sekolah
c.       Berani mengambil keputusan berkaitan dengan pembelajaran dan pembentukan kompetensi
·         Guru Sebagai Pelajar
Di dalam tugasnya seorang guru membantu peserta didik dalam meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.Maka seorang guru harus mengikuti perkembangan teknologi agar apa yang di bawakan seorang guru pengajarannya tidak jadul.
·         Guru Sebagai Pembimbing
Sebagai Pembimbing seorang guru dan siswa di harapkan ada kerja sama yang baik dalam merumuskan tujuan secara jelas dalam proses pembelajaran.
·         Guru Sebagai Pengarah
Seorang guru di harapkan dapat mengarahkan peserta didiknya dalam memecahkan persoalan yang telah di hadapinya dan bisa mengarahkan kepada jalan yang benar apabila mengalami persoalan yang negatif yang telah menimpa dirinya.
·                     Guru Sebagai Pelatih
Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan pada peserta didik dalam membentuk kompetensi dasar sesuai dengan potensi masing-masing dari peserta didik.
·                     Guru Sebagai Penilai
Penilaian merupakan proses penetapan kualitas hasil belajar / proses untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran peserta didik yang meliputi tiga tahap yaitu : Persiapan,Pelaksanaan dan Tindak lanjut.
b.Tugas Guru dalam bidang Kemanusiaan
Daoed Yoesoef  (1980) menyatakan bahwa seorang guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional,tugas manusiawi,dan tugas kemasyarakatan (sivic mission ) jika dikaitkan dengan kebudayaan,maka tugas pertama berkaitan dengan logika dan estetika,tugas kedua dan ketiga berkaitan dengan etika.
Tugas manusiawi / kemanusiaan adalah tugas-tugas membantu anak didik agar dapat memenuhi tugas utama dan manusia kelak dengan sebaik-baiknya.Adapun tugas-tugas tersebut meliputi :
§  Seorang guru dapat menjadi orang tua bagi murid-muridnya di sekolah
§  Seorang guru dapat menarik simpati para peserta didiknya
§  Seorang dapat menjadi motivator dalam kegiatan belajar mengajar
c.Tugas Guru dalam bidang Kemasyarakatan
Sebagai seorang warga negara yang baik,seorang guru turut mengembangkan dan melaksanakan apa yang telah di gariskan oleh bangsa dan negara lewat UUD 1945 dan GBHN.Adapun tugas tersebut meliputi :
§    Mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi WNI yang bermoral pancasila
§    Mencerdaskan bangsa Indonesia
2.3.Fungsi Guru
Menurut UU.RI.No.14 th 2005 bab 2 pasal 5 yang berbunyi :
Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 ayat 1 berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran dosen / guru sebagai agen pembelajaran,pengembang ilmu pengetahuan,tekhnologi dan seni serta pengabdi kepada masyarakat berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Adapun Fungsi Guru sebagai berikut :
1.Sumber Belajar
Mengingat tugas guru sebagai transmisi ilmu,maka di harapkan mampu menguasai materi yang di ajarkannya.Sebab seorang guru merupakan sumber dari belajarnya.Apa yang tidak di pahami oleh peserta didik,diharapkan seorang gurulah yang akan membantunya dalam memecahkan persoalan yang di hadapi.
2.Fasilitator
Sebagai fasilitator seorang guru berperan sebagai pendamping belajar para peserta didiknya dengan suasana yang menyenangkan.Agar dapat melaksanakan tugas sebagai fasilitator ada beberapa hal yang harus di pahami guru :
v Memahami berbagai jenis media dan sumber belajar beserta fungsi masing-masimg media tersebut
v Mempunyai ketrampilan dalam merancang suatu media
v Mampu mengorganisaikan berbagai jenis media serta dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar
v Mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik
3.Pengelolah
Seorang guru sebagai pengelolah pembelajaran berperan dalam menciptakan iklim belajar yang memungkinkan siswa belajar dengan nyaman.
Sebagai manager,guru memiliki 4 fungsi umum :
v    Merencanakan tujuan belajar
v    Mengorganisasikan berbagai sumber belajar untuk mewujudkan tujuan belajar
v    Memimpin,meliputi : memotivasi,mendorong dan menstimulasi peserta didik
v    Mengawasi segala sesuatu dalam rangka mencapai tujuan
4.Demonstator
Seorang guru dapat mempertunjukkan kepada peserta didik agar memahami dan mengerti dari setiap pesan yang di sampaikannya.
5.Pembimbing
Setiap peserta didik pada saat lahir telah memiliki potensi-potensi yang kemudian dapat di tumbuhkembangkan sesuai dengan potensinya.Maka seorang guru berperan dalam membimbing dan mengarahkannya.
1      Hal yang harus di miliki seorang guru antara lain :
v Seorang guru harus memahami peserta didik yang sedang di bimbingnya
v Seorang guru harus memahami dan terampil dalam merencanakan tujuan kompetensi yang akan di capai
6.Motivator
Untuk menghasilkan sistem belajar yang optimal seorang guru di tuntut kreatif dalam membangkitkan motivati belajar peserta didiknya dengan cara :
v    Memperjelas tujuan yang ingin di capai
v    Membangkitkan minat peserta didik dalam belajar
v    Menciptakan suasana yang menyenangkan
v    Memberikan pujian terhadap keberhasilan peserta didik
v    Memberi komentar yang mendidik tentang hasil pekerjaan peserta didik
7.Evaluator
Dengan adanya evaluasi seorang guru dapat mengetahui apakah siswanya telah berhasil sehingga mereka layak untuk diberikan materi yang baru ataukah sebaliknya sehingga mereka perlu adanya remidi.
Dengan adanya pemahaman tentang pentingnya tugas dan fungsi guru profesional,semoga guru sekarang tidak terjangkit oleh virus penyakit yang dapat menyerang seorang guru,melemahkan kualitas guru,dan berdampak negatif pada upaya peningkatan mutu pendidikan.
ý Adapun Macam-macam Penyakit Guru di antaranya :
1.      Kusta (Kurang Strategi)
Kurangnya Strategi dalam pembelajaran mengakibatkan suasana dalam pembelajaran menjadi tidak menarik,karena seorang guru tidak dapat mengelolah kelas.
2.      Asma (Asal Masuk Kelas )
Mengajar tanpa adanya bekal apapun karena asal masuk kelas
3.      TBC (Tidak banyak cara)
Mengajar dengan cara yang monoton membuat siswa kurang bersemangat dalam mengajar
4.      Kudis (Kurang Disiplin)
Seorang guru adalah contoh bagi para peserta didiknya yang sangat mempengaruhi perkembangan moralnya
5.      Kram (Kurang Trampil)
Apabila guru yang kurang terampil pada perencanaan atau pelaksanaan dalam mengoptimalisasikan alat peraga maka apa yang diterimanya tidak akan maksimal
6.      Lesu (Lemah Sumber)
Seorang guru jangan mengacu pada satu gambar saja tetapi bisa diperoleh pada lingkungan sekitar siswa yang mudah di ketahui dan di jadikan sebagai sumber pembelajaran
7.      Mual (Mutu Anak Lemah)
Pembelajaran yang tidak ada inovasi membuat peserta didik tidak termotivasi,sehingga adanya inovasi dalam pembelajaran membuat kualitas pembelajaran bisa meningkat
8.      Tipus (Tidak Punya Semangat)
Apabila seorang guru tidak fres dalam mengajar membuat peserta didiknya tidak bisa berkosentrasi dan malas dalam belajar karena melihat gurunya tidak mood
9.      Asam Urat (Asal Susun Materi)
Materi yang akan diberikan sebaiknya di susun secara tepat dan dapat menggali potensi yang di miliki peserta didik,apabila asal maka tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik
10.    Kurap (Kurang Persiapan)
Tidak danya persiapan yang matang dalam mengajar membuat proses belajar mengajar tidak bisa terkontrol dengan baik
Menurut kurikulum berbasis kompetensi yang di sempurnakan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan bahwa setiap individu mempunyai kompetensi yang harus di kembangkan,maka proses pembelajaran yang cocok adalah menggali potensi anak untuk selalu kreatif dan berkembang.
  






.

     

BAB III
PENUTUP
1.1  KESIMPULAN
 Dari  pemaparan diatas penulis dapat menarik Kesimpulan antara lain :
a.       Untuk menjadikan guru yang profesional maka kita harus menyatukan antara konsep personaliti dan integritas serta skil / keahlian
b.      Kompetensi guru meliputi 4 kategori
·         Kemampuan guru dalam merencanakan program pembelajaran
·         Kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran
·         Kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar
·         Kemampuan guru dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar
c.        Tugas Pokok Guru Profesional
Dalam bidang profesi meliputi :
·      Guru Sebagai Pendidik
·      Guru Sebagai Pengajar
·      Guru Sebagai Pembimbing
·      Guru Sebagai Pengarah
·      Guru Sebagai Pelatih
·      Guru Sebagai Penilai
Dalam bidang kemanusiaan :
·      Dapat menjadi orang tua bagi peserta didiknya di sekolah
·      Dapat menarik simpati para siswa
·      Dapat menjadi motivator dalam kegiatan belajar
Dalam bidang kemasyarakatan :
·      Mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi WNI yang bermoral pancasila
·      Mencerdaskan bangsa indonesia
d.        Fungsi Guru sebagai pendidik menurut UU.RI.No.14 th 2005
·      Pasal 4
Kedudukan guru sebagai tenaga profesional sebagaimana di maksud dalam pasal 2 ayat 1 berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional
·      Pasal 5
Kedudukan guru / dosen sebagai tenaga profesional sebagaimana di maksud dalam pasal 3 ayat 1 berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran,pengembang ilmu pengetahuan,teknologi dan seni serta pengabdi masyarakat berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.
e.           Fungsi Guru meliputi :
·      Sebagai Sumber belajar
·      Sebagai Fasilitator
·      Sebagai Pengelola
·      Sebagai Demonstrator
·      Sebagai Pembimbing
·      Sebagai Motivator
·      Sebagai Evaluator
f.       Macam-macam Penyakit guru,di antaranya :
·      Kusta (Kurang Strategi)
·      Asma (Asal Masuk Kelas)
·      TBC (Tidak banyak cara)
·      Kudis (Kurang Disiplin)
·      Kram (Kurang Trampil)
·      Lesu (Lemah Sumber)
·      Mual (Mutu Amat Lemah)
·      Tipus (Tidak punya semangat)
·      Asam Urat (Asal Susun Materi)
·      Kurap (Kurang Persiapan)
g.      Guru sebagai pihak yang berkepentingan secara operasional dan mental harus dipersiapkan dan ditingkatkan profesionalnya, karena hanya dengan demikian kinerja mereka dapat efektif, Apabila kinerja guru efektif maka tujuan pendidikan akan tercapai. Yang dimaksud dengan profesionalisme disini adalah kemampuan dan keterampilan guru dalam merencanakan, melaksanakan pengajaran dan keterampilan guru merencanakan dan melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa.
1.2.Saran-Saran

Penulis mengharapkan semua komponen pendidikan yang terkait langsung mapun yang tidak langsung untuk dapat sadar dan memahami serta berupaya untuk dapat meningkatkan kualialitas sumber daya manusia di Indonesia dengan cara mengoptimalkan kualitas dan kuantitas pendidikan.










BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
·      Redaksi Sinar Grafika.UU Guru & Dosen. Penerbit Sinar Grafika.Jakarta
·      Fungsi Guru Sebagai tenaga Profesional.www.Google.co.id.Diakses pada tanggal 10 Maret 2012
·      Bisrul Kahfi & Azmi.tugas Pokok dan Fungsi Guru Profesional.www.Google.Co.Id. Diakses pada tanggal 10 Maret 2012

























MAKALAH

TUGAS DAN FUNGSI GURU
PROFESIONAL




Dosen Pembimbing :
 NURDI S.Ag S.Pd M.Pd







Disusun Oleh :
KACUNG SISWANTO
NIHAYATUS SA'ADAH
NUR ROSYIDAH





SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
AL FATTAH
SIMAN – SEKARAN – LAMONGAN
SEMESTER VI
TAHUN AKADEMIK 2011/2012



KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم
Alhamdulillah puji syukur selalu kita limpahkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan Rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari zaman menuju jalan yang terang benderang yaitu agama Islam.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Dosen mata kuliah PROFESI KEGURUAN Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan. Makalah  ini yang berjudul "TUGAS dan FUNGSI GURU PROFESIONAL".
Dengan terselesainya makalah ini tidak lupa kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      Bapak Nurdi S.Ag S.Pd M.Pd
2.      Semua Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah
3.      Kedua orang tua saya yang selalu memberi semangat dan inspirasi untuk kami.
Demikian makalah yang saya buat ini semoga Allah senantiasa menunjukkan jalan yang terbaik menuju langkah selanjutnya Amin. Kami hanya berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Penulis sadar atas segala kekurangan dari makalah ini karena saran dan kritik yang bersifat membangun penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.



Siman, 16 Maret 2012


Penulis










                                                              




DAFTAR ISI

HALAMAN  SAMPUL………………….............................................................  1
KATA  PENGANTAR …………………………………………......................... 2
DAFTAR  ISI …………………………………..………………….....................  3
BAB I       PENDAHULUAN                                                                                 
1.1  Latar Belakang …………………………………………………....4
1.2  Rumusan Masalah ………………………………………………...4
                                                                                                                                         
BAB II      PEMBAHASAN                                                                                                            
2.1 Tugas dan Fungsi Guru Profesional………………....………........5
2.2 Tugas Pokok Guru Profesional ………………………................5
2.3 -Fungsi Guru.................................................................................7
      -Macam-macam Penyakit Guru.....................................................8                          
BAB III    PENUTUP                                                                                                                      
                 1.1 Kesimpulan ……………………………....................................10                            
                       1.2 Saran – Saran ……………………………….............................11                            
BAB IV    DAFTAR PUSTAKA....................................................................12



















.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by PRAHIDA - Premium Blogger Themes | cheap international calls