Welcome to Blog's Nurdilamongan.co.cc

Blogroll

Minggu, 11 Maret 2012

silabus prof keguruan 2012

Mata Kuliah
:
Etka Keguruan
Prasayarat
:

Bobot / Semester
:
2 SKS
Kelompok MK
:
MPB
Jurusan
:
Pendidikan Agama Islam
Program
:
SI PAI STIT Al-Fattah Siman-Lamongan
Standar Kompetensi 
:
Berkepribadian Guru profesional, berbudi tinggi, dan meningkatkan kemampuan diri
Deskripsi Mata Kuliah
:
Matakuliah ini memberikan pencerahan kepada mahasiswa untuk mampu memahami guru sebagai profesi, yang tugas utamanya mendidik, mengajar dan melatih.sehingga dituntut memiliki kepribadian yang mulia dan mempunyai komitmen, menjunjung tinggi citra dan kode etik guru
Urgensi Mata Kuliah
:
Matakuliah ini sangat penting bagi mahasiswa, karena:
1. Mahasiswa mampu memahami keberadaan guru sebagai profesi;
2. Mahasiswa memiliki komitmen, menjunjung tinggi citra dan kode etik guru;
3. Mahasiswa menjiwai profil guru yang profesional.




           
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Meteri  Pokok
Pengalaman Belajar
Penilaian 
Alokasi Waktu
Referensi / Bahan/ Alat  

Mendeskripsikan Konsep profesionalis me guru

1. Menjelaskan  pengertian profesionalisme guru
2.  Menjelaskan eksistensi profesi guru

Konsep guru profesional
1.Pengertian rofesionalisme
2.Guru
3.Eksistensi profesi guru

1.   Mengkaji pengertian profesionalisme guru, ciri-ciri
2.   Guru yang profesional, dan eksistensi keguruan di dalam buku ajar
3.   Mendiskusikan  pengertian profesionalisme guru, ciri-ciri guru yang profesional, dan eksistensi profesi guru
4.   Mempresentasikan hasil diskusinya
5.   Membuat laporan hasil diskusi

testulis 
unjuk kerja
tugas terstruk tur

2 X50’
MI. Soelaeman, Menjadi Guru, Bandung:Diponegoro 1985
Suparlan, Guru sebagai Profesi, Yogjakarta: Hikayat 2006.
Wina Sanjaya,
Strategi
Pembelajaran,
Jakarta :
Prenada Media,
2007

Mendiskripsi kan tugas
dan fungsi guru profesional

1.    Menjelaskan tugas guru
2.    Menjelaskan Fungsi guru

Tugas dan Fungsi
Guru Profesional
1.    Tugas-tugas guru
2.     Fungsi-fungsi guru

1.     Mengkaji tugas dan fungsi guru
2.     Mendiskusikan tugas guru dan fungsi guru
3.     Mempresentasikan hasil diskusinya
4.     Membuat laporan hasil diskusi


1. Testulis
2.  unjukkerja
3.  tugas terstruk
tur


MI. Soelaeman, Menjadi Guru, Bandung:Diponegoro 1985
Suparlan, Guru sebagai Profesi,
Yogjakarta, Hikayat, 2006.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran,
Jakarta : Prenada Media, 2007

Memahami
karakteristik
guru yang
profesional

1.   Menyebutkan karakteristik guru profesional
2.   Menjelaskan karakteristik guru profesional

Karakteristik Guru
yang Profesional
1.    Pengertian karakteristik guru profesional
2.    Karakteristik guru profesional

1.     Mengkaji materi karak'teristik guru  professional
2.     Mendiskusikan karakteristik guru profesional
3.     Mempresentasikan
4.     Menyimak review dari
dosen
1.  Tes tulis
2.  Unjuk kerja
3.  tugas  erstruk tur

50x2

Oemar Hamalik,
Pendidikan guru
berdasrkan
pendekaan
kompetensi,
Jakarta, 2008, dll


memahami
citra guru
profesional

1 .     Menjelaskan Pengertian citra guru profesional
2.    Mengidentifi kasi faktor- faktor yang  mempengaruhi  citra guru
3.    memberikan contoh citra guru  profesional
1.     Pengertian citra guru profesional
2.    Faktor-faktor yang mempengaruhi citra guru profesional
3.   Contoh citra guru profesonal
1.    Mengkaji konsep citra guru.
2.    Mendiskusikan Faktor-faktor yang mempengaruhi citra guru
3.     Mendiskripsika n contoh profile guru yang profesional
4.    Menyimak review dosen
1.  Tes tulis
2.  unjuk kerja
3.  tugas terstruktur

4x50'

Buku Peningkatan Profesionalisme Guru SD, Bumi Aksara, 2006
-Buku Profesi Keguruan, Renika Cipta, 2004

Mendiskripsikan
Kompetensin guru yang
profesional
1.     Mengidentifikasi kompetensi guru yang profesional
2.    Menjelaskan kompetensi guru yang profesional
Kompetensi Guru
yang Profesioal
1.   Pengertian kompetensi guru  profesional
2.    Macam-macam kompetensi guru
profesioal
1.    Mendiskusikan  kompetensi  guru yang profesional
2.   Mendiskusikan penjelasan tentang kompetensi guru profesional
3.   Mempresentasikan
1.   Tes tulis
2.   unjuk erja
3.  tugas terstruktur

50x2

Oemar Hamalik, Pendidikan guru berdasrkan pendekaan
kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, 2008,
dll

Memahami
Komitmen
Guru yang
profesional


1.   Menjelaskan Pengertian Komitmen guru profesonal
2.   Mengidentifikasi Komitmen gurun profesional
Komitmen Guru
1.   Pengertian Komitmen Guru
2.   Ciri-ciri komitmen Guru yang profesional

1.   Mengkaji pengertian tentang Komitmen guru profesional
2.   Mendiskusikan ciri-ciri komitmen guru profesional
3.   Mempresentasikan hasil diskusi
4.   Menyimak review dari dosen
1.  Tes tulis
2.  unjuk kerja
3.  tugas terstruk tur



Tim Dosen FTP IKIP Malang, Profesi Keguruan

Sjaiful Bahri Djamarah, Guru dan anak didik dalam
Interaksi edukatif,
Renika Cipta,
Jakarta, 2000

Memahami
Kode Etik
Guru

1.  Menjelaskan konsep kodeetik guru
2.   Menjelaskan fungsi kode etik guiru
3.  Membanding kan berbagai rumusan Kode etik guru

Konsep Kode etik
guru
1.  Pengertian konsep kode etik Guru
2.   Fungsi Kode etik guru
3.   Macam-macam kode etik guru

1.   Mengkaji pengertian kode etik dan fungsinya
2.    Mendiskusikan barbagai konsep kode etik guru dari organisasi profesi guru dan tokoh- tokoh pendidikan Islam
3.  Mensintesiskan rumusan kode etik guru yang ideal dan aplikatif


1.  Tes tulis
2.  unjuk kerja
3.  tugas terstruk tur


Satori, Profesi  
Keguruan, Jakarta: Univ. Terbuka, 2007
Soetjipto dan
Raflis Kosasi, Profesi
Keguruan, Jakrta:
Rineka Cipta, 2007
K.H.M. Hasyim
Asyari, Adalal- A'lim wa al-Muta'allim, tt M. Aithiah Al-Abrasyi,
Dasar-Dasar- Pokok
Pendidikan Islam

Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
supervisi
pendidikan

1.    Menjelaskan hakikat dan prinsip supervisi pendidikan
2.    Menjelaskan teknik dan pendekatan supervise pendidikan
3.   Menjelaskan peningkan kemampuan diri melalui supervise pendidikan
Kemampuan diri
melalui supervisi
pendidikan
1.    Hakekat dan prinsip supervise pendidikan
2.   Teknik dan pendekatan


1.   Mengkaji hakikat supervisi dan prinsip supervise pendidikan
2.   Mengkaji Teknik dan pendekatan supervise pendidikan
3.   Mendiskusikan  eningkatan kemampuan diri melalui supervise pendidikan

1.  Tes tulis
2.  unjuk kerja
3.  tugas terstruk tur

2x50'



Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
organisasi
profesi


1.   Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat organisasi profesi
2.    Menjelaskan dasar pembentukan organisasi profesi
3.    Menjelaskan komponen dan aktivitas organisasi profesi
Kemampuan diri
melalui organisasi
profesi :
1.    Pengertian, tujuan, dan manfaat
2.    Dasar Pembentukan organisasi profesi
3.    Komponen dan aktivitas organisasi profesi


1 .  Mengkaji pengertian, tujuan dan manfaat organisasi profesi
2.    Mengkaji dasar pembentukan organisasi
3.    Mengkaji komponen dan aktivitas organisasi profesia Mereview hasil yang telah dikaji.

1.  Tes tulis
2.   unjuk kerja
3.  tugas terstruk tur

2x50'



Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
sertifikasi











1.   Menjelaskan program sertifikasi
2.    Menjelaskan tujuan dan target akhir program sertifikasi
3.   Menjelaskan komponen- komponen sertifikasi(por tofolio)
4.   Menjelaskan prosedur sertivikasi

Kemampuan diri
melalui sertifikasi:
1.    Pengertian Program sertifikasi
2.    Tujuan dan target akhir program sertifikasi
3.    Komponen- komponen sertifikasi(portof olio)
4.   Prosedur pelaksanaan sertifikasi
1.   Mengkaji program sertivikasi,
2.   Mengkaji tujuan dan target sertivikasi
3.   Mendiskusikan  omponen- komponen sertifikasi (portofolio)
4.   Mendiskusikan prosedur sertivikasi
5.  Mereview hasil yang  telah dikaji.

1.  Testulis
2.  unjuk kerja
3.  tugas terstruktur

2x50'

E. Mulyasa, Dr,
M.Pd, Standar Kompentesi dan
Sertifikasi Guru,
2007

Ibrahim Bafadal,
Dr, M.Pd, Peningkatan
Profesionalisme,
Guru Sekolah
Dasar, 2008


Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
tugas belajar
dan inservice
training


1.   Menjelaskan program tugas belajar dan inservice training
2.  Menjelaskan tujuan dan sifat tugas belajar dan inservice training
3.    Menjelaskan hak, kewajiban dan sangsi peserta tugas relajar dan inservice training

Kemampuan diri
melalui tugas dan
inbelajar dan
inservice training:
1.  Pengertian program tugas belajar dan inservice training
2.  Tujuan dan sifat tugas relajaran inservice training
3.   Hak, kewa jiban dan sangsi peserta tugas relajar dan insrevice training
1.   Mengkaji perbedaan program tugas belajar dan inservice training
2.   Mengkaji tujuan dan sifat tugas belajar dan inservice training
3.    Menelaah hak, kewajiban, dan sangsi peserta tugas belajar dan inservice training
4.    Mereview hasil yang telah dikaji.

1.  Testulis
2.  unjuk kerja
3.  tugas terstruk tur

2x50'

E. Mulyasa, Dr,
M.Pd, Standar
Kompentesi dan
Sertifikasi Guru,
2007

Ibrahim Bafadal,
Dr, M.Pd,
Peningkatan
Profesionalisme,
Guru Sekolah
Dasar, 2008




0 komentar:

Posting Komentar