Welcome to Blog's Nurdilamongan.co.cc

Blogroll

Rabu, 15 April 2015

Latihan soal Pengembangan Sistem Supervisi Pendd. Islam



LATIHAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN 2014/2015

Program Studi
:
S-3 Manajemen Pendidikan Islam
Nama Mata Kuliah
:
Pengembangan Sistem Supervisi Pendidikan Islam
Jumlah SKS        
Nama       :
3 (Tiga)
 Nurdi  M.Pd
Dosen Pembina
:
Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I
Dr. Hj. Sutiah, M.Pd.




Perhatian:
a.       Bacalah Sumber Secara kritis, analitis, obyektif dan reflektif teoritis
b.       Gunakan kalimat sederhana, singkat, padat, keilmuan dan bermakna
c.       Gunakan sikap patuh pada kode etik keilmuan
d.       Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan uraian yang jelas, benar, dan lengkap dengan didukung pendapat para pakar, perundangundangan, dan atau dalil-dalil al-Quran/ As-Sunnah yang relevan.

1.       Bacalah secara kritis 5 buku tentang Supervisi Pendidikan (4 buku berbahasa Asing (Inggris atau Arab) dan 1 buku berbahasa Indonesia).
a.       Baca secara kritis, ambilah 2-3 bab dari masing-masing isi buku dan ikhtisarkan kemudian buatlah kesimpulan secara menyeluruh (setiap sumber harus di sebutkan dan dlampirkan)
2.       Bacalah secara kritis 3 Jurnal. Ambillah masing-masing 1 isi jurnal yang terkait dengan Supervisi Pendidikan ( dengan ketentuan 2 jurnal penelitian dan 1 artikel, 2berbhs asing, dan 1 bhs indonesia) (setiap sumber harus di sebutkan jelasdan dilampirkan)
a.       Buatlah ikhtisar dan berikan komentar Anda pada setiap jurnal maksimal 1 hal.( judul yang dikhtisarkan dari Jurnal, pengarang, sumber- abstrak- deskrepsi isi- metode penelitian (jika ikhtisar jurnal penelitian) hasil – komentar Anda dari isi jurnal)
b.       Atas dasar ikhtisar isi jurnal tersebut, rumuskan apakah ada implikasi atau pemikiran Anda terhadap model Pengembangan supervisi pendidikan bagi peningkatan mutu kinerja pengawas dalam meningkatkan mutu guru dalam  proses pembelajaran atau kinerja kepala sekolah/Madrasah dalam peningkatan mutu menejemen lembaganya.

3.       Atas dasar berbagai bacaan saudara, Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas, benar, dan lengkap dengan didukung pendapat para pakar, perundangundangan, dan atau dalil-dalil al-Quran/ As-Sunnah yang relevan.
a.       Mata kuliah Pengembangan Sistem Supervisi Pendidikan Islam merupakan bagian penting dari pengembangan dan aplikasi Ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Untuk pendalaman pemahaman ilmu ini, jelaskan definisi, dimensi, tujuan, dan fungsi supervise pendidikan! Jelaskan keterkaitan tugas kepemimpinan pendidikan dengan tugas seorang supervisor!
b.       Saat ini pengembangan dan implementasi Ilmu Supervisi sangat terkait dengan pengembangan teknologi. Jelaskan pengertian penggunaan teknologi yang efektif dalam supervise pendidikan! Mengapa aplikasi teknologi di sekolah-sekolah menjadi sangat penting, termasuk di dalam pelaksanaan supervise pendidikan? Mengapa kompetensi supervise dalam mengintegrasikan teknologi menjadi sangat penting dalam rangka membantu penyelesaian tugas guru?
c.       System supervise sangat terkait dengan tugas kepemimpinan. Terkait dengan pernyataan tersebut, jelaskan system kepemimpinan untuk meningkatkan/ memperbaiki prestasi siswa dan mutu pembelajaran! Mengapa efektivitas sistem supervisi sangat terkait dengan database dan prosedur pengambilan keputusan, serta perencanaan administrasi sekolah?
d.       Ilmu Supervisi Pendidikan terus mengalami pengembangan seiring dengan dinamika pengembangan iptek secara global. Jelaskan arah baru pengembangan supervise pendidikan di abad 21! Jelaskan faktor-faktor perubahanpendidikan abad 21 yang sekaligus mendorong pengembangan Ilmu Supervisi Pendidikan! Mengapa arah baru supervise pendidikan harus menyelaraskan dengan perubahan di sekolah/ madrasah?
e.       Jelaskan konsep supervise pendidikan sebagai tindakan moral! Jelaskan prosedur tindakan moral dalam supervise pendidikan! Rumuskan strategi peningkatan moral di sekolah/ madrasah melalui wawasan yang berkelanjutans!
f.        Jelaskan model-model Supervisi Pendidikanyang tepat untuk peningkatan Mutu Pembelajaran dan pengembangan Mutu lembaga pendidikan Islam, (2) jelaskan kerangka teoritik dan prosedurnya, (3) berikan contoh langkah-langkah model dalam penerapanya

4.       Pemerintah telah menetapkan peraturan tentang Tugas Pengawas (PP. No 74 tahun 2008), Standar Kompetensi Pengawas (Permendiknas No 12 tahun 2007), Jabatan Fungsional dan Angka Kriditnya( Permenpan & RB No 21 tahun 2010),  Standar Pengelolaan (PP No 34 tahun 2013 SNP), berdasarkan regulasi kebijakan tersebut di atas,lakukan analisis berikut;
a.        Jelaskan Implikasi dan dampak penerapan kebijakan tersebut terhadap peningkatan kualifikasi dan kinerja pengawas di lembaga pendidikan!
b.       Salah satu bentuk tugas mata kuliah ini Saudara melakukan observasi lapangan terkait kegiatan supervise di sekolah. Jelaskan pelaksanaan supervise yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas sekolah berdasarkan hasil observasi Saudara! Identifikasi permasalahan pengembangan kompetensi dan kinerja pengawas pendidikan, lakukan analisis SWOT dan berikan alternatif solusinya!

Cacatan :
2.       Di kumpulkan dalam CD dan printout diketik A-4, satu spasi dengan foot note,  sumber di tulis dalam daftar pustaka dan untuk jurnal dilampirkan
3.       Hasil kerja yang sama melanggar kode etik 

SELAMAT BELAJAR BERPIKIR ILMUAN DAN SUKSES


0 komentar:

Posting Komentar