Welcome to Blog's Nurdilamongan.co.cc

Blogroll

Kamis, 16 April 2015

KOMPETENSI DAN KINERJA GURU



KOMPETENSI DAN KINERJA GURU
Oleh Nurdi 

I. KOMPETESI
Permen 16/2007 tetang Standar kualisifikasi akademik dan kopetensi guru
Kompetensi guru meliputi :
  1. kompetensi pedagogik
  2. kompetensi kepribadian
  3. kompetensi sosial
  4. kompetensi profesional

A. Kompetensi Pedagogik meliputi :
  1. penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
  2. penguasaan terhadap teori teori pembelajaran dan pengembangan kurikulum terkait materi-materi yang diampuh
  3. penguasaan berkomunikasi dengan peserta didik secara efektif,empatik dan santun
  4. penguasaan melakukan penilaian dan evaluasi
  5. penguasaan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

B. Kompetensi Kepribadian
  1. mampu bertindak denga norma agama, hukum , sosial dan kebudayaan nasional
  2. mampu tampil sebagai pribadi yang jujur , berakhlak mulia dan teladan bagi siswa
  3. memiliki etos kerja yang tinggi, bertanggungjawab dan bangga menjadi guru
  4. menjunjung kode etik profesi guru
  5. keteladanan
  6. penampilan yang bagus luar dan dalam

C. Kompetensi Sosial
  1. mampu berkomunikasi atas  bawah samping ( contoh SMS Undangan dengan menjawab yang santun . contoh Iya Bapak matur suwun )
  2. bertindak obyektif dan tidak diskriminasi
  3. berkomunikasi efektif , empatik, santun kepada siapapun ( sesama guru, tenaga kerja yang lain serta dengan masyarakat )
  4. beradaptasi ditempat tugas
  5. berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri  dan profesi lain baik lesan , tulisan dan bentuk lain

D. Kompetensi Profesional
1.      mampu menyampaikan pembelajaran denagan baik
2.      mampu menggunkaan multi media  dalam proses pembelajaran
3.      memiliki prinsip prinsip didaktik metodik sebagai ilmu keguruan ( mampu mendiagnosis dengan terapi yang tepat)
4.      Melakukan evaluasi secara teoritik dan praktik ( bis mengukur hasil belajar dengan benar sesuai tujuan  yang ingi di ukur )
5.      menguasai materi dan mampu mengembangkannya
6.      menguasai SK KD mata pelajaran yang diampu
7.      mengembangkan profesinya secara berkelanjutan
8.      mampu mengembangkan TIK ( Teknologi, Informasi, Komunikasi)

 
B. KINERJA GURU
Berdasarkan uraian tentang kompetensi guru, tentu dapat diidentifikasi kinerja idial  seorang guru dalam melaksanakan tugasnya. Jadi kinerja guru dapat dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru.
Menurut August W Smith Kinerja adalah hasil dari suatu proses  yang dilakukan manusia. Dari pendapat tadi    bahwa kinerja  merupakan suatu wujud prilaku seseorang  atau organisasi  dengan orientasi pada prestasi. Kinerja seseorang dapat dipengarui oleh beberapa faktor : ability, capacity, held,incentive, environment, dan validity ( Noto Atmojo,1992)
Adapun ukuran kinerja menurut TR Mitchel,1989 dapat dilihat dari 5 hal :
1.      quality of work / kualitas hasil kerja
2.      promptness /ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan
3.      initiative/ prakarsa  dalam menyelesaikan pekerjaan
4.      capability / kemampuan menyelesaikan pekerjaan
  1. comunication / kemapuan membina kerjasama dengan pihak lain
Standar kinerja perlu dirumuskan untuk dijadikan acuan dalam mengadakan penilaian, yaitu membandingkan apa yang dicapai dengan apa yang diharapkan. Standar kinerja juga dapat dijadikan patokan dalam mengadakan pertanggungjawaban terhadap apa yang telah dilaksanakan. Jadi standar kinerja guru itu sangat erat berhubungan dengan kualitas guru dalam menjalankan tugasnya, misalnya :
1.      bekerja dengan siswa
2.      persiapan dan perencanaan pembelajaran
3.      pendayagunaan media pembelajaran
4.      melibatkan siswa  dalam berbnagai pengalaman belajar
5.      kepemimpinan yang aktig dari guru

Tujuan penilaian Kinerja :
1.      memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok , fungsi dan tanggungjawab guru dalam melaksanakan tugas
2.      memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sebagai guru
3.      menentukan kualitas kinerja guru  sebagai dasar  sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya
4.      menentukan program peningkatan kemampuan profesional guru  dalam kontek peningkatan mutu pendidikan madrasah
5.      menentukan program umpan balik bagi peningkatan dan pengembangan diri dan karyanya dalam kontek pengembangan karier dan profesinya.

TIPE-TIPE GURU MADRASAH
Type guru dapat dikatagorikan menjadi lima  macam yaitu wajib, sunat, mubah , makruh dan haram :
1. Tipe guru wajib memiliki ciri-ciri :
  • keberadaannya disukai orang
  • keberadannya dibutuhkan orang
  • ketidak adanya membuat orang merasa sangat kehilangan
2. Type guru sunnah
·         kehadirannya  dan keberadannnya menyenangkan
·         ketidak hadirannya tidak dirasakan suatu kehilagan
·         Berprestasi
·         Memiliki etos kerja
·         Kenangannya tidak mendalam
3. type guru mubah
  • Ada atau tidak adanya sama saja
  • Kehadirannya tidak memberi manfaat
  • Kepergiannya orang tidak merasa kehilangan
  • Tidak mempunyai motivasi
  • Asal kerja asal ada
  • Tidak memikirkan kualitas, preastasi , kemajuan , perbaikan dan hal produktif lainnya
4. tipe guru makruh
  • Adanya menimbulkan masalah
  • Tiadanya tidak jadi masalah
  • Bila dikantor mengganggu kinerja dan susasana nyaman
  • Penampilan dan kebersihan terasa mengganggu
  • Kehadirannnya mengundang orang berkomentar karena selalu asal asalan
5. type guru haram
  • Kehadirannya sangat merugikan
  • Ketidak adanya sangat diharapkan
  • Sering menfitnah
  • Mengadu dombah
  • Provokator
  • Penuh pikiran busuk

 Semoga Bermanfaat 



0 komentar:

Posting Komentar