Mata Kuliah
|
:
|
Etka Keguruan
|
Nama Dosen
|
:
|
Nurdi M.Pd
|
Bobot / Semester
|
:
|
2 SKS
|
|
||
Jurusan
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Program
|
:
|
SI PAI STIT Al-Fattah Siman-Lamongan
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Berkepribadian Guru profesional, berbudi tinggi, dan
meningkatkan kemampuan diri
|
|||
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah ini memberikan pencerahan kepada
mahasiswa untuk mampu memahami guru sebagai profesi, yang tugas utamanya
mendidik, mengajar dan melatih.sehingga dituntut memiliki kepribadian yang
mulia dan mempunyai komitmen, menjunjung tinggi citra dan kode etik guru
|
|||
Urgensi Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah ini sangat penting bagi mahasiswa,
karena:
1. Mahasiswa mampu memahami keberadaan guru sebagai
profesi;
2. Mahasiswa memiliki komitmen, menjunjung tinggi citra
dan kode etik guru;
3. Mahasiswa menjiwai profil guru yang profesional.
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Meteri Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Referensi
/ Bahan/ Alat
|
1
|
Mendeskripsikan Konsep profesionalis me guru
|
1.
Menjelaskan pengertian
profesionalisme guru
2.
Menjelaskan eksistensi profesi
guru
|
Konsep guru profesional
1.
Pengertian rofesionalisme
Guru
2.
Eksistensi profesi guru
|
1.
Mengkaji pengertian profesionalisme guru, ciri-ciri
2.
Guru yang profesional, dan eksistensi keguruan di dalam buku ajar
3.
Mendiskusikan pengertian
profesionalisme guru, ciri-ciri guru yang profesional, dan eksistensi profesi
guru
4.
Mempresentasikan hasil diskusinya
5.
Membuat laporan hasil diskusi
|
testulis
unjuk kerja
tugas terstruk tur
|
2 X50’
|
MI. Soelaeman, Menjadi Guru, Bandung:Diponegoro 1985
Suparlan, Guru sebagai Profesi, Yogjakarta: Hikayat
2006.
Wina Sanjaya,
Strategi
Pembelajaran,
Jakarta :
Prenada Media,
2007
|
2
|
Mendiskripsi kan tugas
dan fungsi guru profesional
|
1.
Menjelaskan tugas guru
2.
Menjelaskan Fungsi guru
|
Tugas dan Fungsi
Guru Profesional
1.
Tugas-tugas guru
2.
Fungsi-fungsi guru
|
1. Mengkaji tugas dan fungsi guru
2. Mendiskusikan tugas guru dan fungsi guru
3. Mempresentasikan hasil diskusinya
4. Membuat laporan hasil diskusi
|
1. Testulis
2. unjukkerja
3. tugas terstruk
tur
|
|
MI. Soelaeman, Menjadi Guru, Bandung:Diponegoro 1985
Suparlan, Guru sebagai Profesi,
Yogjakarta, Hikayat, 2006.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran,
Jakarta : Prenada Media, 2007
|
3
|
Memahami
karakteristik
guru yang
profesional
|
1.
Menyebutkan karakteristik guru profesional
2.
Menjelaskan karakteristik guru profesional
|
Karakteristik Guru
yang Profesional
1.
Pengertian karakteristik guru profesional
2.
Karakteristik guru profesional
|
1.
Mengkaji materi karak'teristik guru professional
2.
Mendiskusikan karakteristik guru profesional
3.
Mempresentasikan
4.
Menyimak review dari
Dosen
|
1. Tes tulis
2. Unjuk kerja
3. tugas erstruk tur
|
50x2
|
Oemar Hamalik,
Pendidikan guru
berdasrkan
pendekaan
kompetensi,
Jakarta, 2008, dll
|
4
|
memahami
citra guru
profesional
|
1 .
Menjelaskan Pengertian citra guru profesional
2.
Mengidentifi kasi faktor- faktor yang mempengaruhi
citra guru
3.
memberikan contoh citra guru
profesional
|
1.
Pengertian citra guru profesional
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi citra guru profesional
3. Contoh
citra guru profesonal
|
1. Mengkaji
konsep citra guru.
2.
Mendiskusikan Faktor-faktor yang mempengaruhi citra guru
3.
Mendiskripsika n contoh profile guru yang profesional
4. Menyimak
review dosen
|
1. Tes tulis
2. unjuk
kerja
3. tugas
terstruktur
|
4x50'
|
Buku Peningkatan Profesionalisme Guru SD, Bumi
Aksara, 2006
-Buku Profesi Keguruan, Renika Cipta, 2004
|
5
|
Mendiskripsikan
Kompetensin guru yang
profesional
|
1.
Mengidentifikasi kompetensi guru yang profesional
2.
Menjelaskan kompetensi guru yang profesional
|
Kompetensi Guru
yang Profesioal
1.
Pengertian kompetensi guru profesional
2.
Macam-macam kompetensi guru
profesioal
|
1.
Mendiskusikan kompetensi guru yang profesional
2.
Mendiskusikan penjelasan tentang kompetensi guru profesional
3.
Mempresentasikan
|
1. Tes tulis
2. unjuk erja
3. tugas terstruktur
|
50x2
|
Oemar Hamalik, Pendidikan guru berdasrkan pendekaan
kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara, 2008,
dll
|
6
|
Memahami
Komitmen
Guru yang
profesional
|
1.
Menjelaskan Pengertian Komitmen guru profesonal
2.
Mengidentifikasi Komitmen gurun profesional
|
Komitmen Guru
1.
Pengertian Komitmen Guru
2. Ciri-ciri
komitmen Guru yang profesional
|
1. Mengkaji pengertian
tentang Komitmen guru profesional
2.
Mendiskusikan ciri-ciri komitmen guru profesional
3.
Mempresentasikan hasil diskusi
4. Menyimak review dari dosen
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk
tur
|
|
Tim Dosen FTP IKIP Malang, Profesi Keguruan
Sjaiful Bahri Djamarah, Guru dan anak didik dalam
Interaksi edukatif,
Renika Cipta,
Jakarta, 2000
|
7
|
Memahami
Kode Etik
Guru
|
1.
Menjelaskan konsep kodeetik guru
2.
Menjelaskan fungsi kode etik guiru
3. Membanding
kan berbagai rumusan Kode etik guru
|
Konsep Kode etik
guru
1. Pengertian
konsep kode etik Guru
2. Fungsi
Kode etik guru
3.
Macam-macam kode etik guru
|
1. Mengkaji pengertian
kode etik dan fungsinya
2.
Mendiskusikan barbagai konsep kode etik guru dari organisasi profesi
guru dan tokoh- tokoh pendidikan Islam
3.
Mensintesiskan rumusan kode etik guru yang ideal dan aplikatif
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk
tur
|
|
Satori, Profesi
Keguruan, Jakarta: Univ. Terbuka, 2007
Soetjipto dan
Raflis Kosasi, Profesi
Keguruan, Jakrta:
Rineka Cipta, 2007
K.H.M. Hasyim
Asyari, Adalal- A'lim wa al-Muta'allim, tt M.
Aithiah Al-Abrasyi,
Dasar-Dasar- Pokok
Pendidikan Islam
|
8
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
supervisi
pendidikan
|
1. Menjelaskan
hakikat dan prinsip supervisi pendidikan
2. Menjelaskan
teknik dan pendekatan supervise pendidikan
3.
Menjelaskan peningkan kemampuan diri melalui supervise pendidikan
|
Kemampuan diri
melalui supervisi
pendidikan
1. Hakekat
dan prinsip supervise pendidikan
2. Teknik
dan pendekatan
|
1. Mengkaji hakikat
supervisi dan prinsip supervise pendidikan
2. Mengkaji Teknik
dan pendekatan supervise pendidikan
3.
Mendiskusikan eningkatan kemampuan
diri melalui supervise pendidikan
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk
tur
|
2x50'
|
|
9
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
organisasi
profesi
|
1.
Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat organisasi profesi
2.
Menjelaskan dasar pembentukan organisasi profesi
3.
Menjelaskan komponen dan aktivitas organisasi profesi
|
Kemampuan diri
melalui organisasi
profesi :
1.
Pengertian, tujuan, dan manfaat
2. Dasar Pembentukan
organisasi profesi
3. Komponen
dan aktivitas organisasi profesi
|
1 . Mengkaji pengertian,
tujuan dan manfaat organisasi profesi
2. Mengkaji
dasar pembentukan organisasi
3. Mengkaji
komponen dan aktivitas organisasi profesia Mereview hasil yang telah dikaji.
|
1. Tes tulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk
tur
|
2x50'
|
|
10
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
sertifikasi
|
1.
Menjelaskan program sertifikasi
2.
Menjelaskan tujuan dan target akhir program sertifikasi
3.
Menjelaskan komponen- komponen sertifikasi(por tofolio)
4.
Menjelaskan prosedur sertivikasi
|
Kemampuan diri
melalui sertifikasi:
1.
Pengertian Program sertifikasi
2. Tujuan
dan target akhir program sertifikasi
3.
Komponen- komponen sertifikasi(portof olio)
4. Prosedur pelaksanaan
sertifikasi
|
1. Mengkaji program
sertivikasi,
2. Mengkaji tujuan
dan target sertivikasi
3.
Mendiskusikan omponen- komponen
sertifikasi (portofolio)
4.
Mendiskusikan prosedur sertivikasi
5. Mereview
hasil yang telah dikaji.
|
1. Testulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruktur
|
2x50'
|
E. Mulyasa, Dr,
M.Pd, Standar Kompentesi dan
Sertifikasi Guru,
2007
Ibrahim Bafadal,
Dr, M.Pd, Peningkatan
Profesionalisme,
Guru Sekolah
Dasar, 2008
|
11
|
Meningkatkan
kemampuan
diri melalui
tugas belajar
dan inservice
training
|
1.
Menjelaskan program tugas belajar dan inservice training
2.
Menjelaskan tujuan dan sifat tugas belajar dan inservice training
3.
Menjelaskan hak, kewajiban dan sangsi peserta tugas relajar dan inservice
training
|
Kemampuan diri
melalui tugas dan
inbelajar dan
inservice training:
1. Pengertian
program tugas belajar dan inservice training
2. Tujuan dan
sifat tugas relajaran inservice training
3. Hak, kewa
jiban dan sangsi peserta tugas relajar dan insrevice training
|
1. Mengkaji perbedaan
program tugas belajar dan inservice training
2. Mengkaji tujuan
dan sifat tugas belajar dan inservice training
3. Menelaah
hak, kewajiban, dan sangsi peserta tugas belajar dan inservice training
4. Mereview
hasil yang telah dikaji.
|
1. Testulis
2. unjuk kerja
3. tugas terstruk
tur
|
2x50'
|
E. Mulyasa, Dr,
M.Pd, Standar
Kompentesi dan
Sertifikasi Guru,
2007
Ibrahim Bafadal,
Dr, M.Pd,
Peningkatan
Profesionalisme,
Guru Sekolah
Dasar, 2008
|
Daftar Buku wajib yang harus
dimiliki :
1.
Pengembangan Profesi Guru, Udin
Syaefuddin Saud,Ikapi,2009 [Buku Wajib Dimiliki Mahasiswa]
2.
Peningkatan Profesionalisme Guru
Sekolah Dasar, Dr Ibrahim Bafadal M.Pd,Bumi Aksara 2006
3.
7 Tips Aplikasi Pakem , Jamal
Makmur Asmani, Diva Press, 2011
4.
Profesi Keguruan Prof Hamzah B Uno , Bumi Aksara 2011
5.
Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya 2011
6.
Etika Profesi Keguruan, Refika, Ondi Saundi 2010
7.
Undang Undang 20 tahun 20113 Sisdiknas
8.
Undang undang Guru dosen 14 tahun 2005
9.
Supervisi Pendidikan , Luk Luk Mufidah , Teras , 2009
10.
Supervisi Pendidikan, Lantip Diat Prasojo, Gava media 2011
11.
Supervisi Pembelajaran ,Prof Syaiful Sagala , Alvabeta 2010
12.
Kemampuan Profesional Guru dan tenaga Kependidikan , Prof Syaiful
sagala 2011
13.
Kompetensi Guru Pendidikan Agama
Islam, Rajawali, Akmal Hawi, 2013
14.
Pengembangan Keprofesionalan
berkelanjutan bagi guru, Barnawi, Gava Media,2014
15.
Menuju Guru Profesional dan ber
etika, Abd Rahman, Ghra, 2015
|
Buku sunna yang dimiliki :
16.
Guru Sebagai Profesi,Suparlan,
Hikayat, 2006
17.
Strategi Pembelajaran ,Wina Sanjaya,
Prenada Media, 2007
18.
Pendidikan Guru Berdasarkkan
Pendekatan Kompetensi,Oemar Hamalik
2008
19.
Buku Profesi Keguruan,Renika
Cipta, 2004
20.
Profesi Keguruan, Team Dosen Ftp
Ikip Malang
21.
Guru Dan Anak Didik Dalam
Interaksi Edukatif,Reneka Cipta, 2000
22.
Profesi Keguruan, Satori, 2007
23.
Profesi Keguruan, Raflis Kosasi,
Rineka Cipta 2007
24.
Adalal A’lim Wa Al Muta’alim ,
Dasar Dasar Pokok Pendidikan Islam
25.
Standar Kompetensi Dan
Sertifikasi Guru , E Mulyasa,2007
|
0 komentar:
Posting Komentar