Welcome to Blog's Nurdilamongan.co.cc

Blogroll

Senin, 06 Maret 2017

Rancangan Tatapmuka Etika Profesi Keguruan



RANCANGAN TATAP MUKA KBM
STIT AL FATTAH  SIMAN SEKARAN LAMONGAN

1.Mata kuliah               ; Profesi/Etika Keguruan /Smt VI
2. Nama Dosen            : Nurdi S.Ag S.Pd M.Pd

a.         Standar Kompetensi  Mata Kuliah Profesi Keguruan 
Berkepribadian guru professional, berbudi tinggi dan meningkatkan kemampuan diri

b.        Deskripsi mata kuliah
Mata kuliyah ini memberikan pencerahan kepada mahasisiwa untuk memahami guru sebagai profesi yang tugas utamanya mendidik, mengajar dan melatih sehingga dituntut memiliki kepribadian yang mulia dan mempunyai komitmen, menjunjung tinggi citra dan kode etik guru

c.         Urgensi Mata Kuliah Profesi Keguruan 
Setelah mempelajari mata kuliah Profesi Keguruan  mahasiswa STIT Al Fattah  diharapkan mampu  ;
1.          Memahami keberadaan guru sebagai profesi
2.          Memiliki komitmen,menjunjung tinggi citra dan kode etik guru
3.          Menjiwai profil guru yang profesional

B.      Jadwal dan Topik Pembahasan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Kontrak Belajar & Orientasi Perkuliahan
1.              KD 1 : Konsep Guru Profesional
2.              KD 2 : Tugas Dan Fungsi  Guru Professional
3.              KD 3 : Karakteristik & Standar yang dipersyaratkan menjadi  guru profesional
4.              KD 4 : Konsep Citra Guru Profesional
5.              KD 5 : Kompetensi Guru Professional
6.              KD 6 : Komitmen Tanggungjawab  Guru Professional
7.              KD 7 : Kode Etik Guru ( Pengertian, fungsi & Macam)
8.              KD 8 : Supervisi ( Hakekat,prinsip,teknik dan pendekatan)
9.              KD 9 : Organisasi Profesi ( Pengertian, Dasar, Komponen,Macam)
10.           KD 10 : Sertifikasi Guru ( Hakekat, dasar, tujuan,target,komponen,prosedur, analisis konteks)
UTS & PENGUMPULAN TUGAS
11.           KD11 : Tugas belajar dan inservice training
12.           Analisis  Undang-Undang ( Ambil satu pembahasan, idealitas dan realitas implementasi UU)
13.           Pembelajaran aktif kreatif ( Pakem)
14.           Strategi dan model pembelajaran
15.           Administrasi Pembelajaran Guru ( Perencanaan )
16.           Media Pembelajaran
17.           Kepengawasan ( Hakekat,Dasar,Macam,Tugas fungsi)
18.        Strategi Pengembangan Profesionalisasi Guru
19.        Model Mentoring Guru & Pembinaan Moral Kinerja Guru
20.       Administrasi Pembelajaran 2 ( Khusus Program Penilian Pembelajaran  )
UAS GENAP


C.      Tugas Akhir
Pada prinsipnya   tugas akhir  adalah menganalisis isi dari salahsatu Bab judul di buku yang terkait dengan guru ,keguruan, supervisi,pembelajaran, kemudian diberikan analisis dan komentar pemikiran Tokoh dan saudara, terkait dengan topic yang diangkat.

D.     Buku Rujukan ( Wajib Memiliki salah satu )
1.          Pengembangan Profesi Guru, Udin Syaefuddin Saud,Ikapi,2009 [Buku Wajib Dimiliki Mahasiswa]
2.          Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Dr Ibrahim Bafadal M.Pd,Bumi Aksara 2006
3.          Pengembangan Keprofesionalan berkelanjutan bagi Guru, Barnawi & Arifin, Gaya Media, 2014
1.          7 Tips Aplikasi Pakem , Jamal Makmur Asmani, Diva Press, 2011
2.          Profesi Keguruan Prof Hamzah B Uno , Bumi Aksara 2011
3.          Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya 2011
4.          Etika Profesi Keguruan, Refika 2010
5.          Undang Undang 20 tahun 20113 Sisdiknas
6.          Undang undang Guru dosen 14 tahun 2005
7.          Supervisi Pendidikan , Luk Luk Mufidah , Teras , 2009
8.          Supervisi Pendidikan, Lantip Diat Prasojo, Gava media 2011
9.          Supervisi Pembelajaran ,Prof Syaiful Sagala , Alvabeta 2010
10.      Kemampuan Profesional Guru dan tenaga Kependidikan , Prof Syaiful sagala 2011
11.   Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Rajawali, Akmal Hawi, 2013
12. Pengembangan Keprofesionalan berkelanjutan bagi guru, Barnawi, Gava Media,2014
13.      Menuju Guru Profesional dan ber etika, Abd Rahman, Ghra, 2015

E.         System penilian akhir
Komponen rana penilian  diberikan kepada mahasiswa berdasarkan ;-
1.       Partisipasi dalam KBM dan diskusi                      ; 10
2.       Kuis/Soal Tanya &jawab dlm Diskusi                    ; 10
3.       Tugas    makalah Diskusi                                     ; 20
4.       UTS/ujian midle semester                                   ; 30
5.       Nilai semester akhir/uas                                     ; 30

F.    System Perkuliahan
1.         Dialog, kuis pertanyaan langsung
2.         Seminar/presentasi makalah tiap kelompok
3.         Portofolio

G.   Ketentuan Khusus dari Dosen
1.         Makalah harus Original tidak boleh mengambil di internet dan atau makalah makalah terdahulu di daur ulang kembali dan bila terbukti tidak original maka akan diganti dengan judul makalah baru.
2.         Diketik 1,5 spasi , kertas A4, Batas kiri 3 Kanan 3 atas 3 bawah 3 dengan menggunakan catatan kaki menyebutkan sumber buku, halaman penerbit, bukan catatan perut.
3.         Digandakan / difoto copy sejumlah anggota kelas dan diberikan 2 hari sebelum presentasi ke Dosen dan Anggota diskusi.
4.         Jika kelompok tidak siap melaksanakan tugas diskusi/salah satu tidak hadir maka akan di diskualifikasi/di Nol
5.         Wajib menyerahkan File Word dan power poin dan makalah diskusi diserahkan ke Dosen setiap akan diskusi.
6.         Prasyarat mengikuti ujian semester bila Kehadiran mahasiswa  tidak kurang dari 80 % tatapmuka ( 2 kali toleransi tidak hadir bila terpaksa; sakit/ijin)
7.         Kehadiran tatap muka adalah bentuk penghargaan diri terhadap ilmu dan dosen
8.         Selama perkuliah an mahasiswa wajib bersepatu dan memakai baju berkerah


  Kata Bijak
Prof.Dr.Ibrahim Bafadhol, M.Pd
Orang   tidak Memiliki  Visi seperti ORANG GILA
Memiliki Visi tanpa Aksi seperti ORANG MIMPI
Orang memiliki VISI DAN AKSI akan dapat
MENGUBAH DUNIA








0 komentar:

Posting Komentar