Welcome to Blog's Nurdilamongan.co.cc

Blogroll

Selasa, 14 Februari 2012

sistem penilian mengajar

Text Box: UNTUK KALANGAN SENDIRI




PEDOMAN SISTEM PENILIAN
MA SALAFIYAH
YAYASAN PONDOK PESANTREN AL FATTAH
Oleh NURDI,S.Ag M.Pd



MA SALAFIYAH, BISA !
Disajikan Dalam Pelatihan Pembuatan Perangkat
 Mengajar Dan Pengelolaan Sisten Penilian Pendidikan
Pada Tanggal 23 September 2010










MA SALAFIYAH
YAYASAN PONDOK PESANTREN AL FATTAH
SIMAN SEKARAN LAMONGAN 62261
2010




BAB 1
 KONSEP DASAR
STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

A.    Penilaian hasil belajar peserta didik pada madrasah dilaksanakan berdasarkan stadar penilaian pendidikan
B.     Pengertian
1.      Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan  dengan mekanisme, prosedur dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik.
2.      Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik
3.      Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilan peserta didik.
4.      Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodic  untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar/KD  atau lebih.
5.      Ulangan tengan semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mencapai kompetensi peserta didik setelah melakukan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indicator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
6.      Ulangan akhir semester  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi  peserta didik  diakhir semester. Cakupan ulangan melipti seluruh indicator yang mempresentasikan seluruh KD pada semester tersebut
C.     Prinsip penilian
Penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah didasarkan pada prinsip-prinsip :
1.      Sahih, penilain didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
2.      Objektif, penilian didasarkan pada prosedur dan kreteria yang jelas , tidak dipengarui subjektivitas penilai
3.      Adil, penilian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama,suku,budaya,adat,status social ekonomi, dan gender
4.      Terpadu, penilian oleh peserta didik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
5.      Terbuka, prosedur penilian ,kreteria penilian dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan
6.      Menyeluruh dan berkesinambungan, penilian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
D.    Penilian oleh pendidik
Penilian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan, bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran. Penilian tersebut meliputi kegiatan sebagai berikut :
1.      Menginformasikan silabus matapelajaran yang didalamnnya memuat rancangan dan kreteria penilian pada awal semester
2.      Mengembangkan indicator pencapian kd dan memilih teknik penilian yang sesuai pada saat menyusun silabus mata pelajaran
3.      Mengembangkan instrument dan pedoman penilian sesuai dengan bentuk dan teknik penilian  yang dipilih
4.      Melaksanakan tes,pengamatan,penugasan atau bentuk lain yang diperlukan
5.      Mengolah hasil penilian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik
6.      Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik
7.      Manfaat hasil penilian untuk perbaikan pembelajaran
8.      Melaporkan hasil penilian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cermin kompetensi utuh


































BAB II
TEKNIK PENILAIAN

Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan  belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar mengajar  maupun hasil belajar mengajar. Teknik pengumpulan informasi  tersebut pada prinsipnya adalah cara penilian kemajuan belajar peserta didik berdasarkan standar kompetensi dasar yang harus dicapai
Penilian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indicator-indicator pencapaian kompetensi yang memuat satu ranah atau lebih. Berdasarkan indicator – indicator ini dapat ditentukan cara penilian yang sesuai , apakah dengan tes tulis, observasi, tes praktek dan penugasan perorangan atau kelompok. Untuk itu dalam penilian hasil belajar siswa ada tujuh teknik yang dapat digunakan, yaitu penilian ;
a. unjuk kerja                                     b. sikap
c. tertulis                                 d. proyek
e. produk                                f. portopolio
g. penilian diri
Penyajian profil teknik penilian berikut ini, diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru MA Salafiyah  untuk menganekaragamkan teknik dalam melaksanakan evaluasi. Dalam arti ketika melaksanakan ulangan harian guru tidak terpaku pada penilian tulis saja tapi mampu menggunakan teknik-teknik yang lain sesuai dengan SK dan KD. Dengan demikian  peserta didik lebih tertantang dan lebih banyak lagi ranah yang dinilai sehingga memperoleh gambaran yang lebih utuh tentang peserta didik.

1.      PENILAIAN UJUK KERJA
a.       Pengertian
Penilian unjuk kerja merupakan penilian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menutut peserta didik melakukan tugas tertentu ,seperti kemampuan membaca al qur’an ,menerapkan tajwid, praktek sholat dll. Cara penilaian ini dianggap lebih otentik dari pada tes tulis karena apa yang dinilai lebih mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya.
Penilaian unjuk kerja ini perlu memperimbangkan hal -hal sbb ;
1.      Langkah langkah kinerja yang diharapkan dilakukan peserta didik untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompetensi
2.      Kelengkapan dan ketepatan aspek yang akan dinilai dalam kinerja tersebut
3.      Kemampuan – kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
4.      Upaya kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak sehingga semua dapat diamati
5.      Kemampuan akan dinilai diurutkan berdarakan urtan yang diamati
b.       Tehnik penilian unjuk kerja
Untuk  mengamati unjuk pekerja peserta didik dapat menggunakan alat atau istrumen ;
a. daftar cek ( check list )
Penilian unjuk kerja dapat dilaukan dengan menggunakan daftar cek.Dengan menggunakan daftar cek  peserta didik mendapatkan nilai bila kreteria penguasaan kompetensi tertentu dapat diamati oleh penilai. Contohnya

Penilian Praktek sholat

Nama siswa         ; Ifa hidayatur rohmah
Kelas                     ; XI ipa
Aspek                    ; al qur’an
SK                                     ; Memahami ayat ayat al qur’an tentang
                                 Kompetisi dlam kebaikan
KD                        ; Membaca qs al baqoroh 148 dan al fatir 32
Indikator               ; siswa mampu membaca  qs al baqoroh
                                148 dan al fatir 32





NO
ASPEK YANG DINILAI
 NILAI
Baik
Kurang
1
Pakaian pantas dan menutot
v

2
Mahraj

v
3
Mad /Panjang pendek bacaan
v

4
Dst…


Jumlah skor  /JS


Nilai akhir


Keterangan :
1.      Pengisian kolom menggunakan cek/v
  1. Untuk mempermudah penafsiran cek dapat diberikan skor  sbb;
a.      nilai baik skor 10 bila nilai kurang skor 0
b.      jumlah skor = jml skor benar +jml skor salah
c.       nilai akhir = jml skor : jumlah aspek yg dinilai
d.      nilai akhir >7.0 =tuntas  bila     7 = belum tuntas
e.       aspek yang masih kurang harus diperbaiki

b. Skala penilian /rating scale
Penilian unjuk kerja yang menggunakan scala penilaian memungkinkan penilai menggunakan  nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu karena  pemberian nilai secara kontiyu  contoh











MEMBACA AL QUR’AN
Kelas                     ; x/1
Aspek                    ; al qur’an
SK                                     ; memahami ayat ayat tentang keikhlasan
                                Dalam beribadah
KD                        ; Membaca surat al an’am 162-163 dal al
                                Bayyinah 5
No
Nama
KEMAMPUAN PENERAPAN
NILAI
A
B
C
D
E
1
Robiatul ad
V




85
2
Abd.Rozaq
V




80
3
Iffa hidayatu r
V




90
4
Rido Husnul


V


65
5
Rahmadiyah putri
V




90
6
DST…






Keterangan ;
A; membaca dengan lancer dan baik           ; 80-100
B; memaca belum baik                       ; 70-79
C; membaca terbata-bata                  ; 60-69
D; membaca dengan bantuan guru  ; 50-59
E; tidak dapat membaca                    ; kurang dr 50
Penetapan kesimpulan dapat dilakukan sbb ;
-          nilai 80-100 = kompeten ( tindak lanjut ; diperkaya dilanjutkan )
-          nilai 70-79 = cukup competen (tindak lanjut ; diingatkan )
-          nilai     kurang 70 = belum kompeten (tindak lanjut ; diperbaiki )






2. PENILAIAN SIKAP

a.    Pengertian
Sikap bermula dari perasaan \( suka atau tidak suka\) yang terkait dengan kecenderungan  seseorang dalam merespon sesuatu/obyek.  Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup  yang dimiliki seseorang . sikap dapat dibentuk sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan.
Sikap terdiri dari tiga komponen ; afektif merupakan perasaan yang dimiliki seseorang atau peniliaannya terhadap suatu obyek kognitif merupakan kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai obyek konatif merupakan kecenderungan untuk berprerilaku atau berbuat dengan cara cara tertentu berkenaan dengan kehadiran obyek sikap.
Secara umum  objek sikap yang dinilai dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut ;
  1. sikap terhadap materi pelajaran ; peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap materi pelajaran. Dengan sikap positif dalam diri peserta didik akan tumbuh dan berkembang minat belajar akan lebih mudah diberi motivasi dan akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang diajarkan.
  2. Sikap terhadap guru/pengajar ; pesrta didik perlu memiliki sikap positif terhadap guru. Peserta didik yang bersikap negative terhadap guru akan cenderung mengabaikan hal hal yang diajarkan  dengan demikian akan sukar menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut
  3. Sikap terhadap proses pembelajaran ; peserta didik juga perlu memiliki sikap positif terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Proses pembelajaran  mencakup suasana pembelajaran strategi metodologi teknik yang digunakan. Proses pembelajaran yang menarik nyaman dan menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik  sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal
  4. Sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran ; peserta didik memiliki sikap tertentu ( positif/negative)yang dilandasi oleh penghayatan terhadap SK/KD tertentu misalnya peningkatan etos kerja  maka peserta didik  diharapkan meiliki sikap positif  terhadap perilaku pekerja keras tekunulet dan teliti

b.   Teknik penilian sikap
Penilaian sikap  dapat dilakukan  dengan beberapa cara/teknik. Adapun tersebut antara lain observasi perilakupertanyaan langsungdan laporan pribadi. Tehnik tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut ;
1. observasi perilaku
Perilaku seseorang pada umumnya menunjukkan kecenderungan nya terhadap sesuatu hal yang dapat diketahui melalui pengamatan /observasi.oleh karena itu guru dapat melakukan observasi terhadap peserta didik yang dibinanya. Hasil pengamatan tersebut dapat dijadikan sebagai umpan balik dalam pembinaan. contohnya
No
Hari/tanggal
Nama peserta didik
Kejadian positif/negatif
Tindak lanjut
1
Rabu.22-9-2010
Fitriyatun
Membantu memberikan jawaban yang releven pada saat diskusi
reward
2
Kamis 23-9-2010
M.Saddam Ghofar
Syaifur rizal
Mendngarkan lagu melalui HP pada saat diskusi kelas
Diberi tugas menghfal surat albaqoroh 162-163
3
Dst…..



Kolom kejadian diisi dengan kejadian positif maupun negative. Catatan dalam lembaran buku tersebut selain bermanfaat untuk merekam dan menilai perilaku peserta didik sangat bermanfaat pula untuk menilai sikap peserta didik  serta dapat menjadi  bahan dalam penilian perkembangan peserta didik secara keseluruhan. Selain itu dalam observasi perilaku tertentu yang diharapkan muncul dari peserta didik  pada umumnya atau dalam keadaan tertentu misalnya dalam saat diskusi ; seperti contoh format
Penilaian sikap ;
Kelas                     ; xi/2
Aspek                    ; aklaq
SK                                     ; membiasakan perilaku terpuji
KD                        ; membiasakan perilaku menghargai karya
                                Orang lain dalam kehidupan sehari-hari
No
Nama
Perilaku
Antusias
Bertanya
Menjawab
Menghargai pendapat org lain
1
Aprita
-
v
-
v
2
Mei
-
-
v
v
3
Qoqom
v
v
v
-
3
Dst….




b.       Pertanyaan langsung
Kita juga dapat menayakan secara langsung atau wawancara tentang sikap seseorang yang berkaitan dengan suatu hal. Misalnya bagaimana tanggapan  peserta didik tentang program ‘ pekan peduli du’afa’
berdasarkan jawaban dan reaksi yang tampil dalam memberi jawaban akan dapat difahami sikap peserta didik terhadap program tersebut. Agar terarah dan memberi informasi maka terlebih dahulu guru membuat pedoman wawancara
c. Laporan pribadi
Melalui penggunaan tehnik ini  peserta didik diminta membuatan ulasan yang berisi pandangan atau tanggapan tentang suatu masalah keadaan atau hal yang menjadi obyek sikap. Misalnya peserta diminta pandangan tentang ‘ poligami  negative dan positif berpoligami ‘  dari ulasan yang dibuat oleh peserta didik tersebut dapat dibaca dan difahami kecenderungan sikap yang dimiliki. Atau untuk melihat peruahan perilaku /sikap peserta didik keseluruhan khususnya SK/KD pada aspek aqidah aklaq  semua catatan dirangkum dengan menggunakan  lembar pengamatan. Contohnya




LEMBAR PENGAMATN

Nama                    ; Fahrudin
Kelas                     ; xii
Aspek                    ; akhlak
SK                                     ; Meningkatkan keimanan kepada hari
                                Akhir
KD                        ; Menampilkan perilaku yang mencermin
                                Kan keimanan kepada hari akhir
No
Deskripsi perilaku awal
Deskripsi perubahan /pertemuan …hari/tgl..
ST
T
R
SR
1
Mendiminasi pembicaraan pada saat diskusicenderung memaksakan pendapatnya
Senin 20 sep 2010
Memberi kesempatan kepada orang lain untuk memberi kan pendapatnya dan memberikan tanggapan meskipun hanya sesekali






ian





KETERANGAN
Pada kolom capaian diisi dengan  cek sesuai perkembangan perilaku ;
ST ; perubahan sangat tinggi
T ; perubahan tinggi
R ; perubahan rendah
SR ; perubahan sangat rendah
Catatan ; informasi tentang deskripsi perilaku diperoleh dari pertanyaan langsung laporan pribadi maupun buku catatan harian.

3.      PENILIAN TERTULIS
a.   pengerian
Penilian secara tertulis dilakukan dengan tes tulis. Tes tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban  yang dibeikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk lain seperti menjawab secara lesan memberi tandamewarnaimenggambar dan lain sebagainya.
b. teknik penilaian
ada dua bentuk soal tes tulis  yaitu ;
a. memilih jawaban yang dibedakan menjadi ;
1.  pilihan ganda
2.  dua pilahan ganda \( benar-salah. Ya –tidak \)
3.  menjodohkan
4.  sebab akibat
b. mensuplai jawaban di bedakan menjadi ;
1.   isian atau lengkapila
2.   jawaban singkat/pendek
3.  Uraian obyektif ; jawaban uraian yang sudah pasti maupun uraian non obyektif/uraian bebas ; uraian bebas dicirikan dengan adanya jawaan yang bebas
Dalam penyusunan istrumen  penilian tertulis perlu dipertimbangkan hal hal sebagai berikut ;
  1. karakteristik mata pelajaran dan keluasan ruang lingkup materi yang akan diujikan
  2. materi misalnya kesesuaian soal dengan standar kompetensi  kompetensi dasar indicator pencapaian pada kurikulum
  3. kontruksi misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus jelas dan tegas
  4. bahasa misalnya rumusan soal tidak menggunakan kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda
oleh karena itu guru sebelum melakukan penilian terlebih dulu memetakan materi yang akan diujikan dalam lay out soal dan kisi kisi soal. Berikutnya guru membuat butir butir pertanyaan dalam bentuk format kartu soal .








contoh lay out soal
nama sekolah       ; ma salafiyah
maple                    ; aqidah aklaq
alokasi waktu       ; 90 mneit
smt                        ; ganjil
sumlah soal          ; 45 ( pg;40 easy ;5)
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
indikator
Bentuk dan jumlah soal
XXX
XXX
XXX
PG
ESSY
JUMLAH SOAL


Kisi kisi ujian semester ganjil
nama sekolah       ; ma salafiyah
maple                    ; aqidah aklaq
alokasi waktu       ; 90 mneit
smt                        ; ganjil
sumlah soal          ; 45 ( pg;40 easy ;5)

Standar kompetensi
Kompetensi dasar
indikator
kelas
Jml soal
No utur soal
Bentuk soal








Contoh kartu soal
nama sekolah       ; ma salafiyah
maple                    ; aqidah aklaq
smt /tp                 ; ganjil/2010-2011
kelas                      ; x
penyusun              ; nurdi
Kartu soal
Standar kompetensi ;
………..
indikator
No.urut soal
……………

Kunci soal  ;
…………….
Bentuk soal ;
Pg/eassy
Kompetensi dasar ;
……….
Butir soal ;
……………

4.      PENILIAN PROYEK  
Penilian proyek merupakan kegiatan penilian terhadap suatu tugas yang harus diselesikan dalam periode/waktu ter entu. Tugas tersebut mulai perencanaaan pengumpulan data pengorganisasian dan penyajian data
Contoh kegiatan peserta diidk dalam penilian proyek
  1. penelitian sederhana tentang pengumpulan dan pembagian zakat ftirah
  2. penilian sederhana tentang pembangian hewan qurban

contoh ;

TUGAS
Maple        ; pai
Sk              ; memahami hokum islam tentang zakat haji
                     dan waqof
Kd                         ; menerapkan ketentuan perundang2
                     tentang pengelolaan zakat dan waqof
Nm proyek ; pengumpulan zakat fitrah dan zakat mal
Kelas         ; x
Tugas        ; buatlah kepanitiaan diskolah untuk melakukan pengumpulan zakat fitrah dari para guru dan murid kemudian salurkan kepada yang berhak menerima
Ketentuan ;
  1. panitia terdiri dar 10 siswa
  2. laporan dipresentasikan pada minggu seteah lebaran
  3. kerangka laporan
a.      nama kegiatan
b.      ayat dan hadis tentang zakal
c.       tempat pelaksanaan
d.      panitia zakat fitrah
e.       waktu pelaksanaan pengmpulan dan pembagian
f.        jumalh penewimah
g.      jumlah distribus
h.      penutup
untuk menilai proyek peserta didik. Guru membuat format penilaian
PENILIAN PROYEK
KELOMPOK                                                  nilai ; ………
no
aspek
Skor \(1….5 \)
1
Perencanaan
  1. persiapan
  2. rumusan judul

2
pelaksanaan 
a.      sistematika penuisan
b.      keakuratan sumber data
c.       kuantitas sumber data
d.      analsisi dataikan kesimpulan
e.       penar

3
Laporan proyek
  1. perormant
  2. presentasi /penguasaan



5.      PENILIAN PRODUK
Penilian produk adalah penilian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk /karya peserta didik. Penilian produk dalam PAI meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produ. Misalnya  kaligrafi kerajinan tangan bernuansa islam
Penilian produk  biasanya menggunakan cara holistic atau analitik
  1. Cara analitik yaiyu berdasarkan aspek aspke produk biasanya dilaukan terhadap semua criteria  yang terdapat pada  semua tahap proses pengembangan \( persiapan pembuatan produk dan penilian produk \)
  2. Cara holistic  yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk biasanya dilaukan haya pada tahap penilian produk
Misalnya penilian produk





mapele                        ; pai
sk                     ; memahami ajarn ayat ayat al qur an
                            tentang kompetisi dalam kebaikan
kd                    ; menampilkan perilaku kompetisi dalam kebaikan
nama produk             ; membuat kali grafi qs al baqoroh 148
kelas / smt      ; X/1
nama siswa    ;  ZAINUDDIN
no
aspek
Skor \(1….5 \)
1
Persiapan
  1. perencanaan
  2. pemilihan alat dan bahan

2
Proses pembuatan
  1. persiapan alat dan bahan
  2. teknik pembuatan
  3. ks kemanan keselamatan kebersihan

3
Hasil produk
  1. benuk fisik
  2. kretaifitas
  3. keserasian

Nilai = total skor x 100
              Skor maksimal
             Skor maksimal = 40
6.      PENILIAN PORTOPOLIO
Penilian portopolio merupakan penilian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampu peserta didik  dalam suatu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa hasil karya lembar jawaban tes  atau informasi lain yang berkaitan dengan kometensi tertentu dalam suatu mata pelajaran.
7.      PENILIAN DIRI / SELF ASSESSMENT
a.   Pengertian
Penilian diri adalah suatu teknik penilian dimana peserta didik diminta menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu didasarkan atas kreteria atau acuan yang telah disiapkan dengan tujuan utama mendukung/memperbaiki proses dan hasil belajar.
Ada beberapa jenis penilian diri ;
  1. penilian angsung dan spesifik yaitu penilian secara langsung pada saat atau setelah selesai melakukan tugas untuk menilia aspek aspek kompetensi tertentu dari suatu pelajaran
  2. penilian tidak langsung/holistik  yaitu penilian yang dilakukan dalam kurun waktu yang panjang untuk memberikan penilian secara keseluruhan
  3. penilian sosio-afektif yaitu penilian terhadap unsure unsure afektif atau emosional misalnya peserta didik dapat diminta untuk membuat tulisan yang memuat curahan perasaannya terhadap suatu obyek tertentu
Dampak poisitif dalam penggunakan teknik ini ;
  1. dapat menumbuhkan rasa percaya diri  peserta didik karena mereka diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri
  2. peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dalam dirinya sehingga intrukpeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya
  3. dapat mendorong membiakan dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur  karena dituntut lebih obyektif dalam melakukan penilian
 Penilaian diri
Maple             ; Pai
Sk                    ; Memahami hokum islam tentang keluarga
Kelas/smt     ; x/1
Nama siswa ; …………………….
  MATERI
PAHAM
KET
YA
TDK
1.        pengertian perkawinan
2.        dalil perkawinan
3.        hikmah perkawinan
4.        ketentuan perundang-undangan tentang perkawinan
5.        ……….
RATA-RATA




YA = 10
TIDAK = 0

Semoga melalui tulisan ada guna manfaat dan mohon koreksi demi perbaikan dari tulisan ini

                                                                   

0 komentar:

Posting Komentar